Sukses


Keseruan Pengalaman Hamka Hamzah Jadi Pilot, Baru Beberapa Menit Sudah Pusing

Bola.com, Tangerang - Kapten Persita Tangerang, Hamka Hamzah, mencoba merasakan sensasi mengemudikan pesawat. Jangan salah, pesawat yang ia kemudikan bukanlah pesawat sungguhan, melainkan secara virtual dengan simulator.

Pengalaman itu diunggahnya dalam channel YouTube miliknya. Hamka Hamzah mengunjungi wahana simulator mengoperasikan pesawat terbang di kawasan BSD, Tangerang.

Sebelum mencoba sensasinya mengemudi kapal terbang, Hamka Hamzah berpenampilan seperti layaknya pilot. Dia mengenakan seragam dilengkapi dasi khas pilot. Dirinya ditemani pilot dari Garuda Indonesia, Citilink, dan NAM Air.

Satu di antaranya pilot itu menjelaskan tentang pesawat yang dikemudikan Hamka Hamzah, yaitu tipe A320. Mantan pemain PSM Makassar itu dengan seksama memperhatikan penjelasan dari para pilot, mengenai fungsi tombol-tombol dalam mengoperasikan pesawat terbang.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu juga tak segan bertanya-tanya mengenai pengoperasian pesawat, meski secara virtual. Satu di antaranya hal yang ia tanyakan adalah ketika pesawat masuk ke kumpulan awan.

Hamka Hamzah juga mendapatkan penjelasan tentang fungsi pijakan pedal di kaki dan sejumlah tuas di samping kemudi. Hingga akhirnya Hamka Hamzah melakukan tes dengan menerbangkan pesawat virtualnya.

Dengan dipandu ketiga pilot, Hamka berhasil melakukan take-off dengan baik dan mendapat tepuk tangan. Saat pesawat terbang di udara, Hamka Hamzah kembali mendapat penjelasan mengenai tinggi posisi dan kecepatan pesawat.

"Para penumpang beberapa saat lagi kita akan mendarat di bandara internasional Soekarno Hatta Jakarta, Banten. Saya di sini dengan caption pilot dan saya sebagai co-pilot Hamka Hamzah," kata Hamka Hamzah menirukan pilot ketika memberikan Informasi kepada penumpang.

 

2 dari 3 halaman

Menantang dan Menghibur

Tantangan berikutnya yang dilakukan Hamka adalah membawa pesawat mendarat ke landasan. Tak lupa Hamka Hamzah diminta mengeluarkan roda pesawat untuk landing dengan sempurna.

"Saya pusing teman-teman," canda Hamka Hamzah sesaat menjelang landing.

Sampai akhirnya pesawat yang dikemudikan Hamka Hamzah mendarat dengan sempurna. Di akhir videonya, Hamka mengaku menjadi kesempatan istimewa baginya menerbangkan pesawat jenis Airbus secara simulator.

"Saya baru beberapa menit sudah pusing. Tapi ini sangat menantang dan menghibur sekali teman-teman," jelasnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Video Populer

Foto Populer