Sukses


Adam Alis, Kembalinya Si Anak Hilang ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Gelandang Bhayangkara FC, Adam Alis Setyano, mendapatkan panggilan mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Jakarta, 23 Juli hingga 8 Agustus 2020. Ini akan menjadi momen kembalinya Adam Alis, si anak hilang, yang dalam beberapa tahun terakhir tidak memperkuat Timnas Indonesia.

Pengalaman Adam Alis berseragam Timnas Indonesia dimulai kala memperkuat Garuda Muda tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2016 yang digelar pada 2015. Panggilan memperkuat Timnas Indonesia U-23 saat itu tak lepas dari kariernya di Qatar bersama East Riffa.

Adam Alis mendapatkan debutnya saat menghadapi Timor Leste U-23. Adam langsung bersinar dengan mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 5-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Gelandang timnas Indonesia U-23, Adam Alis S (kanan) berusaha melewati Anumanthan Mohan Kumar (Singapura) di laga penyisihan Grup A SEA Games 2015 di Stadion Jalan Besar Singapura, Kamis (11/6/2015). Indonesia unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ia pun bermain untuk Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2015 di Singapura dan membawa tim asuhan Aji Santoso itu melaju hingga semifinal. Sayang di babak empat besar Tim Garuda Muda kalah telak 0-5 dari Thailand dan kalah dengan skor yang sama dari Vietnam saat perebutan medali perunggu.

Kembali dari Qatar, Adam Alis bermain bersama Barito Putera pada Torabika Soccer Championship 2016 dan pindah ke Arema FC pada 2017. Ia membawa Singo Edan meraih gelar juara Piala Presiden 2017 dan menjadi pemain terbaik dalam gelaran tersebut.

Pemain Arema FC, Adam Alis meraih bola emas  sebagai pemain terbaik saat timnya meraih juara  Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (12/3/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Kemampuannya mengawal lini tengah dan juga membantu serangan dengan kecepatan dan stamina luar biasa yang dimilikinya, memang membuat Adam Alis layak menjadi pemain terbaik kala itu. Penampilannya di turnamen pramusim itu pun sempat menarik perhatian Luis Milla.

Sayang, usia Adam Alis saat itu sudah 23 tahun, sementara pada tahun pertama Luis Milla di Indonesia itu, sang pelatih mencari pemain berusia di bawah 22 tahun untuk memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017.

Video

2 dari 2 halaman

2 Penampilan Bersama Timnas Indonesia di Era Luis Milla

Namun, Luis Milla tetap memberinya kesempatan. Satu pertandingan ketika Indonesia menghadapi Kamboja dalam sebuah laga persahabatan internasional pada Juni 2017, dan satu lagi selepas Luis Milla dan timnya kembali dari SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

Adam Alis mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Indonesia dalam laga uji coba menghadapi Fiji pada September 2017. Kala itu, Luis Milla memerlukan uji coba untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Untuk membentuk tim yang akan berlaga di Asian Games 2018, yang memperbolehkan setiap tim membawa tiga pemain di atas 23 tahun, Luis Milla pun mulai mencoba untuk memanggil pemain-pemain senior, seperti Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Achmad Jufriyanto, Lerby Eliandry, Boaz Solossa, dan juga Adam Alis.

Timnas Indonesia berlatih sebelum bertemu Fiji di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/9/2017) (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Dalam pertandingan kontra Fiji, yang merupakan laga persahabatan non-FIFA, Adam Alis tampil selama 44 menit sebagai pemain pengganti. Hingga saat ini, itulah terakhir kalinya pemain kelahiran Jakarta itu tampil bersama Timnas Indonesia.

Meski Timnas Indonesia sudah berganti pelatih, mulai dari Bima Sakti sebagai interim dari Luis Milla, maupun Simon McMenemy, Adam Alis belum mendapatkan kesempatan lagi.

Kini Adam Alis punya kesempatan untuk kembali mengenakan seragam dengan lambang Garuda di dada, dan Shin Tae-yong akan melihatnya, apakah dia pantas untuk mengisi lini tengah Timnas Indonesia?

Video Populer

Foto Populer