Sukses


3 Keunikan Seragam Perang Timnas Indonesia Buatan Mills

Bola.com, Jakarta - Jersey tandang Timnas Indonesia resmi dirilis pada Senin (27/7/2020) di Mills Store, Jakarta. Mills selaku apparel menggandeng PSSI untuk memperkenalkan seragam tersebut kepada publik.

Kombinasi warna putih dan hijau dipilih Mills untuk kostum kedua Timnas Indonesia ini. "PSSI mendukung arahan Presiden Jokowi. Beliau memerintahkan untuk menggalakkan produk-produk lokal. Beliau ingin produk lokal bisa dijual, baik di dalam maupun luar negeri," ujar Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Dengan Mills menjadi apparel Timnas Indonesia, tentunya juga menggerakkan usaha kecil dan menengah. Serta membuka lapangan kerja yang bagus untuk orang-orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan," tambahnya. 

Iwan Bule, panggilan Iriawan, mengatakan bahwa durasi kerja sama PSSI dengan Mills hanya berlangsung setahun. Namun, kedua belah pihak sepakat dengan opsi perpanjangan apabila antusiasme masyarakat memuaskan.

"Kami lihat setahun ini, kalau bagus akan diteruskan. Tapi saya yakin, Mills akan memberikan yang terbaik," jelas Iwan Bule.

Sebelumnya, Mills telah meluncurkan seragam kandang Timnas Indonesia pada April 2020, disusul jersey kiper pada Juli 2020. Mills membanderol harga seragam tandang Timnas Indonesia ini seharga Rp789 ribu khusus kategori player issue dan Rp389 ribu untuk jenis replika.

Berikut keunikan seragam perang Timnas Indonesia mulai dari kandang, tandang, dan kiper buatan Mills ini:

Video

2 dari 4 halaman

Jersey Kandang

Warna merah masih mendominasi kostum utama untuk pasukan Tim Merah-Putih itu. Aksen putih hadir di sisi belakang bagian kerah. Plus ada motif sayap burung garuda di bagian depan yang dimaksudkan sebagai pelukan garuda.

Jersey tersebut dipadukan dengan celana dengan warna putih yang dominan plus warna merah di bagian samping.

Menurut penjelasan resmi Mills, ada enam teknologi yang menunjang jersey tersebut, yaitu anti ultra violet, anti bacterial, breathable, mouisture wicking, anti static, dan extra light.⠀⠀

Kostum tersebut dibanderol Rp789 ribu. Replikanya dijual dengan Rp389 ribu. Sementara itu, untuk jersey latihan timnas dipatok dengan nominal Rp289 ribu dan celana latihan hitam seharga Rp190 ribu.

Marketing Communication Mills, Fachry Assegaff mengatakan bahwa dengan bangga pihaknya dapat mempersembahkan jersey sekaligus baju perang yang akan dipakai pemain Timnas Indonesia.

"Ada motif sayap kiri dan kanan, itu menggambarkan sayapnya garuda. Kami namakan itu 'Pelukan Garuda' agar pemain Timnas lebih gagah dan kokoh seperti garuda. Dan latar belakang logo garuda di dalamnya ada motif berbentuk rantai yang menggambarkan persatuan Indonesia," kata Fachry.

Dengan jersey anyar ini, semoga skuat Garuda semakin percaya diri dan dapat meraih hasil terbaik bersama Timnas Indonesia. Apalagi jersey terbaru ini produksi dalam negeri alias buatan anak bangsa Indonesia.

"Ini jawaban dari kami untuk masyarakat Indonesia yang sangat antusias akan kehadiran jersey terbaru timnas. Hari ini kami meluncurkan jersey home terlebih dahulu, untuk kostum tandang dan ketiga akan menyusul, karena saat ini masih dalam proses pengerjaan. Besar harapan kami agar masyarakat terus mendukung Timnas Indonesia," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Jersey Tandang

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by MILLS (@millssportid) on

Iriawan mengungkapkan pemilihan warna putih dan hijau sebagai jersey tandang Timnas Indonesia. Kombinasi kedua warna ini sarat dengan makna.

"Inovasi terbaru dari Mills ada warna putih yang melambangkan kesucian Indonesia. Kemudian garis hijau di dada itu melambangkan kesuburan Indonesia," ujar Iwan Bule.

"Lalu ada garis strip di tengah itu menandakan garis khatulistiwa yang melewati sejumlah daerah di Indonesia," imbuh Iwan Bule.

Seragam tandang Timnas Indonesia juga dihiasi corak yang membentuk kepulauan seantero nusantara. Pola tersebut akan terlihat jika Timnas Indonesia bermain di malam hari.

"Kemudian ada pulau-pulau di Indonesia secara transparan. Itu bisa dilihat apabila Timnas Indonesia bermain pada malam hari," terang pria berusia 58 tahun ini.

Iwan Bule menerangkan bahwa desain untuk kostum tandang Timnas Indonesia digagas oleh Mills. PSSI, katanya, hanya meminta inovasi yang berbeda dibanding seragam sebelumnya.

"Idenya dari Mills. Saya meminta mereka mencari inovasi terbaru. Yang ada hubungannya dengan Indonesia, bendera merah putih, dan burung Garuda. Dan saya yakin bisa karena mereka semua, desainer, pemilik, dan pegawai Mills itu asli orang Indonesia," imbuh Iwan Bule.

4 dari 4 halaman

Jersey Kiper

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by MILLS (@millssportid) on

Jersey kiper Timnas Indonesia garapan Mills kali ini terbilang jauh dari kata mainstream. Biasanya, seragam untuk penjaga gawang bermotif sederhana dengan hitam, hijau, kuning, dan abu-abu.

Kali ini, Mills memadukan tiga warna yaitu putih, hitam, dan abu-abu untuk jersey kiper Timnas Indonesia. Apparel lokal ini berupaya membuat motif yang berbeda dengan mengimplementasikan corak unik.

"Penjaga gawang adalah pembeda. Untuk itu, perlu sesuatu yang menjadikannya berbeda dengan yang lain. Mills mengembangkan desain jersey istimewa ini untuk para penjaga terakhir benteng pertahanan Timnas Indonesia. Sebuah pembeda untuk para penjaga gawang istimewa," tulis Mills.

Video Populer

Foto Populer