Sukses


Pelajaran yang Didapat Hanif Sjahbandi Setelah Jadi YouTuber

Bola.com, Malang - Saat kompetisi terhenti, gelandang Arema FC, Hanif Sjahbandi banting sering jadi YouTuber. Dia membuat channel YouTube dengan pemain Timnas Indonesia U-19, Rendy Juliansyah bertinama Hanif & Rendy Show.

Mereka sangat produktif menghasilkan video interview dengan atlit Indonesia. Bukan hanya dari sepak bola, tapi bulutangkis dan cabor lainnya.

Hanif mengaku dia fokus membuat video di YouTube hanya untuk mengisi kekosongan jadwal karena kompetisi Liga 1 terhenti. Dalam beberapa waktu ke depan, konten di channelnya pun akan berkurang saat Arema mulai latihan kembali awal Agustus.

“Seperti pernah saya sampaikan, YouTube hanya untuk mengisi waktu luang. Saya ingin tetap produktif selama masa pandemi virus corona. Kalau sepak bola sudah aktif lagi saya tetap pesepak bola. Bukan YouTuber,” kata pemain 23 tahun ini.

Selama aktif di YouTube, Hanif mengaku dapat banyak pelajaran baru. Bukan dari sisi pemasukan iklan di YouTube. Melainkan sisi positif lainnya.

“Saya bisa ketemu beberapa orang di luar sepak bola. Artinya banyak ketemu orang baru. Selain itu, dapat public speaking di depan kamera,” kata Hanif Sjahbandi.

2 dari 3 halaman

Tetap Berkarya

Hanif Sjahbandi termasuk pemain yang punya public speaking bagus. Dia terlihat terbiasa berbicara didepan publik, terutama saat konferensi pers. Tapi, dengan memiliki channel YouTube, dia mengaku bahasanya lebih tertata.

Ketika nanti Hanif kembali berlatih dengan Arema, bukan berarti channel YouTubenya vakum. Dia sudah menyiapkan sejumlah konten hingga awal September. Namun jadwal postingnya tidak sepadat sebelumnya.

Saat ini, Hanif & Rendy Show setiap hari memunculkan video baru. Total sudah ada 58 video dan subscribernya mencapai 47 ribu. Capaian yang tergolong cepat karena mereka baru membuat channel ini pada Mei, atau tiga bulan lalu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer