Sukses


Raphael Maitimo dan Harapan Baru di Persita Tangerang

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan Raphael Maitimo? Pemain yang mempunyai nama lengkap Raphael Guillermo Eduardo Maitimo ini mulai berkarier di sepak bola Indonesia dengan status sebagai pemain naturalisasi pada tahun 2012.

Klub pertama yang dibelanya adalah Mitra Kukar dan pertama bermain di Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2012.

Setelah membela Mitra Kukar, Maitimo pun bertualang ke Sriwijaya FC (2014-2015), Persija Jakarta (2015-2016), Arema FC (2016-2017), Persib Bandung (2017-2018), PSM Makassar (2019) dan sekarang bersama Persita Tangerang.

Maitimo tercatat pernah membela Timnas Belanda di level usia 15, U-16, dan U-17. Selain menjadi pemain sepak bola yang mempunyai kualitas bagus, Maitimo dikenal sebagai pemain yang sangat menjaga penampilannya di dalam dan luar lapangan.

Kepada Bola.comRaphael Maitimo bicara banyak hal, mulai dari kompetisi hingga harapan di klub baru. Simak wawancaranya berikut ini.

Video

2 dari 3 halaman

Tentang Kompetisi

Selain berlatih secara mandiri, kegiatan apa yang dilakukan untuk menghindari kejenuhan?

Terus berlatih setiap hari dan pertahankan pola makan yang baik. Coba juga untuk beristirahat dengan baik selama waktu ini, karena ketika mulai latihan tidak ada banyak waktu untuk istirahat yang baik.

Apakah Anda memiliki usaha bisnis lain selain menjadi pemain bola?

Selama Anda masih aktif sebagai pemain sepak bola profesional, tidak baik memiliki profesi lain. Anda harus fokus hanya pada satu hal. Jadi itu akan datang setelah karier sepak bola saya berhenti.

Apa tanggapan Anda mengenai keputusan PSSI untuk mengembalikan kompetisi Liga pada 1 Oktober

Itu keputusan yang bagus. Tapi, kesehatan dan keselamatan terlebih dahulu. Jadi, mereka punya cukup waktu untuk mengatur semuanya.

Ada peraturan baru. Apa tanggapan Anda tentang pergantian sampai lima pemain?

Dengan jadwal kami saat ini yang mungkin padat, mungkin dua pertandingan seminggu, saya pikir itu sangat bagus. Kalau tidak, itu akan menjadi berat bagi para pemain.

Apa tanggapan Anda terkait regulasi keharusan memainkan dua pemain muda U-20 dalam satu pertandingan?

Saya benar-benar tidak tahu siapa yang memunculkan aturan semacam ini. Untuk pemain muda, Anda harus mendapatkan tempat terlebih dahuli selama latihan dan staf pelatih dapat melihat apakah para pemain ini siap bermain atau tidak.

3 dari 3 halaman

Harapan di Persita

Tiga pertandingan, Persita belum pernah menang. Menurut Anda apa yang harus ditingkatkan?

Saya baru saja bergabung dengan tim, jadi saya belum benar-benar tahu. Saya harus melihat nanti kedepannya.

Apa pendapat Anda tentang dukungan dari para suporter yang selalu ramai di setiap pertandingan Persita?

Bagi saya itu luar biasa ketika bermain dalam stadion yang penuh dengan suporter. Sayangnya dengan situasi saat ini kita harus menjaga kesehatan semua orang terlebih dahulu.

Anda selalu mempertahankan penampilan yang baik di dalam dan luar lapangan

Saya sangat profesional. Saya selalu bermain di level tertinggi sepak bola sebelum saya datang ke Indonesia. Jadi, jika bermain di level itu, saya harus memiliki perilaku dan sikap yang baik.

Anda telah membela tim-tim besar. Klub mana yang membuat anda lebih terkesan? Mengapa?

Semua klub luar biasa untuk dimainkan. Tetapi ingatan terbaik secara individual adalah musim saya bersama Persib karena akhirnya saya bisa bermain di posisi favorit saya sebagai pemain gelandang serang dan menjadi top skorer tim.

Apa harapan anda dengan Persita musim ini?

Kami berkembang sebagai tim dan kami akan menjadi lebih baik kedepannya.

Video Populer

Foto Populer