Sukses


Jalani Pemusatan Latihan Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto Merasa Tua

Bola.com, Jakarta - Stoper Fachruddin Aryanto mulai menikmati agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia. Dia bersama rekan-rekannya telah berlatih di bawah arahan arsitek Shin Tae-yong di Jakarta sejak Jumat (7/8/2020).

Namun, Fachruddin menyebut pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini agak berbeda dengan dibanding biasanya. Mayoritas pemain yang dipanggil berusia masih muda. Fachruddin bahkan hanya satu dari beberapa pemain yang telah memasuki usia kepala tiga.

Pemain asal Klaten, Jawa Tengah, itu mengaku merasa lebih tua dari biasanya karena harus berhadapan dengan banyak pemain muda. Sebut saja Rachmat Irianto, Koko Ari Araya, Febri Hariyadi, Arif Satria, Asnawi Mangkualam, dan masih banyak yang lain.

“Saya termasuk yang tua di sini, ya rasanya memang sudah tua. Rasanya ada tantangan baru. Saya harus cepat akrab dengan anak-anak muda di sini,” ucap pemain berusia 31 tahun itu kepada Bola.com, Minggu (9/8/2020).

Fachruddin sebenarnya bukanlah pemain tertua yang mendapat panggilan pemusatan latihan di skuat Garuda. Dia tercatat sebagai pemain keempat tertua setelah Ilija Spasojevic, Irfan Bachdim, dan Rivky Mokodompit.

Hanya, nama pertama itu masih belum bergabung dengan Timnas Indonesia. Spasojevic masih absen karena alasan keluarga.

2 dari 3 halaman

Perlu Adaptasi

Pemain milik Madura United itu juga sudah lama tidak mendapat panggilan bergabung dengan Tim Merah Putih. Hal ini membuatnya sedikit memerlukan adaptasi dengan beberapa nama-nama baru.

“Kalau canggung sih tidak, cuma waktu awal kumpul kami jaga jarak saja. Tapi, itu juga karena faktor masih pandemi dan harus mengikuti protokol kesehatan. Waktu hasil swab test keluar, kami lebih tenang dan bisa ngobrol santai,” tutur kapten Madura United itu.

Fachruddin merupakan pemain senior Timnas Indonesia dengan jumlah caps yang cukup banyak, yaitu 35 penampilan. Dia mulai membela Timnas Indonesia senior pada 2012, saat masih berusia 23 tahun.

Bahkan, pemain berpostur 180 cm ini juga pernah menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia. Fachruddin juga tercatat sebagai satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang tampil dalam empat edisi Piala AFF secara beruntun, yaitu pada 2012, 2014, 2016, dan 2018.

3 dari 3 halaman

Video

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer