Sukses


Soal Pemain Naturalisasi, PSSI Saling Lempar dengan Persija dan Madura United

Bola.com, Jakarta - PSSI tidak sinkron dengan Persija Jakarta dan Madura United. Pelatih Persija, Sergio Farias mengatakan dua pemain asal Brasil yang bergabung dengan timnya adalah program dari PSSI.

"Tidak benar ada pemain asing baru. Karena tak ada lowongan untuk pemain asing baru sebab kuotanya sudah penuh," kata Farias, Kamis (20/8/2020).

"Soal dua pemain asal Brasil, mereka adalah pemain muda yang akan berlatih untuk proyek dari PSSI. Para pemain ini berada di klub yang sama dengan anak saya di Brasil," jelasnya.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi kepada Bola.com mengakui bahwa timnya kedatangan satu pemain asing asal Brasil yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Betul. Madura United akan kedatangan satu pemain muda proyeksi Piala Dunia U-20 2021. Identitasnya sudah ada. Bahkan saya yang memilih dari lima pemain yang ada sesuai kebutuhan tim," ucap Achsanul, Rabu (19/8/2020).

"Kan memang dari PSSI ada lima pemain yang akan dinaturalisasi. Nanti PSSI yang akan mengumumkan itu. Klub hanya mengabarkan kedatangan pemain baru," jelas pria yang karib disapa AQ ini.

Bagaimana reaksi PSSI atas pengakuan dua klub tersebut? Lewat direktur teknik Indra Sjafri, PSSI membantahnya. PSSI disebutnya tidak berencana untuk menaturalisasi pemain belia asal Brasil.

Ketika disodorkan kesaksian klub-klub tersebut, Indra Sjafri malah melempar balik. "Tanyakan ke klub. Jangan ke PSSI. Klub yang melakukan, kok PSSI yang ditanya," ujar Indra Sjafri.

Video

2 dari 2 halaman

Lima Pemain Belia Brasil Merapat ke Indonesia

Pada 10 Juli 2020, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, diundang IDN Times untuk menghadiri webinar bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan eks Sekretaris PSM Makassar, Widya Syadzwina.

Pada presentasi "Menyongsong Piala Dunia U-20 2021", terpampang slide "Cara-cara Luar Biasa" dari PSSI demi prestasi di Piala Dunia U-20 2021. Maksud dari rencana tersebut adalah menaturalisasi pemain di usia emas sebagai pesepak bola, dengan tiga pemuda sebagai contoh.

Ketiganya adalah Leozao, Pedro, dan Maike Henrique. Dari namanya, ketiganya diyakini berasal dari Brasil. Ketiganya berusia 18 tahun, dengan tinggi 191-195 cm.

Aneh tapi nyata. Maike Henrique telah merapat ke Persija. Pedro, yang belakangan ternyata bernama Robert Junior Rodrigues Santos, bergabung dengan Madura United.

Khusus Robert Santos, PSSI menuliskan namanya sebagai Pedro pada webinar tersebut. Setelah dicocokkan dengan foto di akun Instagram @roberthjr01, sang pemain adalah Robert Santos, bukan Pedro.

Tiga pemain belia asal Brasil, yang tidak ada pada presentasi itu, tiba-tiba merapat ke klub Indonesia. Thiago Apolina Pereira ke Persija, Pedro Bartoli Jardim dan Hugo Guilherme ke Arema FC.

Video Populer

Foto Populer