Sukses


Liga 1: Pola Hidup Sehat Gelandang Persib, Tidak Seperti Neymar dan Angel Di Maria yang Positif COVID-19 Saat Liburan

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan menerapkan pola hidup yang sehat dan ketat di tengah pandemi COVID-19. Pemain kelahiran Muhlacker, Jerman, ini sebisa mungkin meminimalkan kegiatan di luar sepak bola.

Banyak pesepak bola yang menghabiskan masa pergantian kompetisi dengan liburan tanpa mengindahkan physical distancing. Akibatnya, tidak sedikit pemain yang terpapar COVID-19.

Neymar dan Angel Di Maria, misalnya. Kedua pemain Paris Saint-Germain ini terjangkit virus corona ketika bertamasya di pantai seputaran Pulau Ibiza, Spanyol.

Saat ini, Kim Kurniawan mulai kembali beraktivitas bersama Persib Bandung untuk mempersiapkan diri mengarungi lanjutan Shopee Liga 1 2020. Setelah berlatih, pemain berusia 30 tahun ini kembali ke rumah dan beristirahat. Keesokan harinya, gelandang naturalisasi ini berlatih lagi.

Kegiatan Kim Kurniawan di tengah wabah virus corona memang terkesan monoton. Hanya berlatih, pulang, dan beristirahat. Setiap harinya berulang seperti itu. Namun, metode ini dipercayainya mampu untuk menjaga kesehatannya.

"Yang saya baca, mereka terpapar COVID-19 saat berlibur. Sekarang pun, kami, skuad Persib Bandung, sedang dalam persiapan untuk melanjutkan Shopee Liga 1. Jadi saya pribadi dan pemain-pemain lain, tidak jauh berbeda. Bagun pagi hari, berangkat latihan, setelah itu pulang dan istirahat. Berkumpul dengan keluarga lalu tidur," kata Kim Kurniawan dalam acara Corner Six Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

"Besoknya latihan lagi. Memang saya sengaja membatasi ke luar rumah. Ini pekerjaan utama saya. Harus diutamakan bagaimana caranya agar kompetisi tetap bisa berjalan," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat Indonesia

Sebagai pesepak bola, Kim Kurniawan merasa punya tanggung jawab besar terhadap masyarakat Indonesia. Ketika kompetisi akan kembali bergulir pada 1 Oktober 2020, mantan pemain Persema Malang ini ingin dalam kondisi sehat dan bugar.

"Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan mulus dan sesuai rencana. Mudah-mudahan kami bisa sedikit memberikan hiburan tanpa membahayakan karena sepak bola adalah hiburan nomor satu di Indonesia, dan itu hal yang bagus," tutur Kim Kurniawan.

"Walaupun suporter hanya menonton dari televisi. Kami semua, apalagi pemain, punya tanggung jawab cukup besar. Kami harus sadar itu dan mengikuti protokol kesehatan. Jaga kebersihan dan jaga jarak. Kami tetap bisa melanjutkan, bukan hanya itu, tapi juga mengakhiri kompetisi. Semoga tidak ada hambatan," ucap pemain yang bergabung dengan Persib Bandung pada 2016 itu.

Video Populer

Foto Populer