Sukses


Timnas Indonesia U-19 Disebut Wajar Masih Inkonsisten di Kroasia

Bola.com, Jakarta - Rahmad Darmawan intens mengikuti perkembangan Timnas Indonesia U-19 selama beruji coba di Kroasia. Dia hanya melewatkan partai terakhir melawan Qatar U-19, 17 September 2020. Selebihnya, ia menonton dengan teliti permainan David Maulana dan kawan-kawan.

"Saya hanya mengikuti tiga pertandingan pertama Timnas Indonesia U-19. Terakhir melawan Qatar U-19, saya tidak bisa menyaksikan dengan lancar karena kebetulan ada gangguan pada antena televisi saya. Akhirnya saya menonton secara live streaming di handphone. Namun sinyalnya juga tak bagus. Gambarnya tak jernih," kata Rahmad membuka pembicaraan ketika dihubungi Bola.com, Sabtu (19/9/2020).

Rahmad memaklumi Timnas Indonesia U-19 tidak bisa meraih hasil maksimal selama berlatih tanding di Kroasia. Sebab, lawan uji coba tim berjulukan Garuda Muda ini berada satu level di atas. Para pemain juga masih dalam proses meningkatkan kondisi fisik.

Sejauh ini di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 telah memainkan empat partai uji coba. Hasilnya, Garuda Muda kalah 0-3 dari Bulgaria U-19, 1-7 dari Kroasia U-19, mengimbangi Arab Saudi U-19 3-3, dan menang 2-1 atas Qatar U-19.

"Yang pasti, saya tidak begitu peduli dengan hasil di masa persiapan. Karena Shin Tae-yong masih dominan membangun kondisi fisik para pemain," tutur Rahmad.

"Jadi, sangat wajar menurut saya kalau di awal-awal, permainan Timnas Indonesia U-19 ketika menghadapi lawan yang levelnya di atas, kalah dengan skor telak. Sebab, tingkat kebugaran fisik para pemain belum mencapai level yang diinginkan dan bahkan cenderung masih merasakan kelelahan karena latihan yang berat," ucap pelatih Madura United tersebut.

Sebagai pelatih, Rahmad paham betul dengan kondisi para pemain setelah digenjot latihan ketat. Kondisi ini berdampak terhadap permainan Timnas Indonesia U-19 yang masih jauh dari kata sempurna.

"Jadi, kalau sedang masa pembentukan otot, pasti akan sedikit berkurang tingkat fleksibilitas pemain, kecepatan pemain, dan reaksi pemain. Sebab, faktor kelelahan akibat kerja otot yang dibuat pelatih untuk membangun kondisi fisik," imbuh pelatih yang karib dipanggil RD itu.

Timnas Indonesia U-19 masih akan melanjutkan perjalanannya di Kroasia. Terdekat, Garuda Muda kembali beruji coba melawan Qatar U-19 di Velika Gorica Stadium, Minggu (20/9/2020).

Video

2 dari 2 halaman

Jadwal Pertandingan

Minggu (20/9/2020)

Timnas Indonesia U-19 Vs Qatar U-19

Stadion: Velika, Zagreb

Kick-off: 21.00 WIB

Live: NET TV

Streaming: https://mola.tv/watch?v=vd00158252

Video Populer

Foto Populer