Sukses


Menpora Dukung Timnas Indonesia U-19 Menimba Ilmu Lebih Lama di Eropa

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendukung perpanjangan periode pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Eropa. Dia melihat pasukan Shin Tae-yong mengalami perkembangan signfikan selama menimba ilmu di benua biru.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 masih berada di Kroasia. Sejak tiba pada akhir Agustus 2020, tim berjulukan Garuda Muda itu telah melahap tujuh pertandingan uji coba.

Dari tujuh pertandingan, Timnas Indonesia U-19 dua kali memetik kemenangan. Masing-masing melawan Qatar U-19 2-1 dan Dinamo Zagreb U-19 1-0.

Adapun, tiga partai lainnya berujung kekalahan dari Bulgaria U-19 0-3, Kroasia U-19 1-7, dan Bosnia dan Herzegovina U-19 0-1. Sisanya, Timnas Indonesia U-19 ditahan Arab Saudi U-19 3-3 dan Qatar U-19 1-1.

Pemusatan latihan di Kroasia digelar dalam rangka persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021. Dari Kroasia, Timnas Indonesia U-19 direncanakan melanjutkan petualangan ke Turki.

"Kami mendukung apabila Timnas Indonesia U-19 memperpanjang durasi pemusatan latihan di Eropa. Sebab, peningkatannya luar biasa," ujar Amali.

"Teman-teman bisa menyaksikan perkembangan positif dari Timnas Indonesia U-19. Pemerintah mendukung perpanjangan periode latihan di luar negeri dan perbanyak uji coba. Jadi, tidak ada masalah. Kami mendukung penuh," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Antara Kroasia dan Turki

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 belum tentu melanjutkan pemusatan latihan di Turki. Sampai saat ini, PSSI belum mendapatkan jawaban dari federasi setempat.

"Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia akan selesai pada akhir bulan ini. Kami akan meneruskan latihan di luar negeri. Kalau bisa, kami akan ke Turki. Kami sedang dalam komunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Turki," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kalau tidak jadi di Turki, mungkin dilanjutkan di Kroasia dengan menyiapkan beberapa uji coba dengan lawan tangguh di sana. Kami melihat bahwa kemajuan performa mereka menggembirakan. Setiap hari, saya berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri untuk menanyakan bagaimana performa mereka. Mudah-mudahan penampilan mereka terus meningkat," terang pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer