Sukses


Menghormati Ricky Yacobi, Lapangan ABC Diusulkan Ganti Nama

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, berencana mengusulkan pergantian nama Lapangan ABC, Jakarta menjadi Lapangan Ricky Yacobi. Langkah itu dilakukan untuk menghormati legenda Timnas Indonesia tersebut.

Ricky Yacobi meninggal dunia saat bermain sepak bola di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (21/11/2020) pagi WIB. Ricky Yacobi mendadak kolaps setelah mencetak gol dan tak sadarkan diri.

Sejumlah pertolongan sempat dilakukan termasuk membawa Ricky Yacobi ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintohardjo. Namun, nyawa Ricky Yacobi tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Ada tiga pertimbangan yang akan Kemenpora lakukan untuk mendukung usulan pergantian nama Lapangan ABC menjadi Ricky Yacobi. Namun, pergantian nama hanya sebatas lapangan, bukan kawasan.

"Itu sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum Ricky Yacobi. Kami mungkin akan mengusulkan supaya lapangan ABC itu diubah menjadi lapangan Ricky Yacobi. Akan tetapi, kawasannya tetap Gelora Bung Karno itu final dan tak boleh diganggu gugat," kata Gatot saat dihubungi wartawan.

"Kedua, sepertinya lebih keren namanya Ricky Yacobi daripada ABC. Kemudian alasan ketiga, nanti dibagi lagi nanti Ricky Yacobi sektor A, sektor B, sektor C itu lain cerita," tegas Gatot.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Siap Diproses

Usulan pergantian nama Lapangan ABC menjadi Ricky Yacobi akan dibicarakan lebih dulu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Jika disetujui, nantinya Gatot bakal mengajukan surat ke Sekretaris Negara (Setneg) dan Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK).

"Masalah disetujui atau tidak, itu di ranah mereka. kami hanya memfasilitasi sejumlah pihak. Sekali lagi, masalah disetujui atau tidak kami menghormati karena yang mempunyai area itu bukan Kemenpora," tegas Gatot.

Bentuk penghargaan terhadap Ricky Yacobi yang diusulkan Kemenpora memang tak berlebihan. Selain pernah membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987, Ricky Yacobi juga pernah mengharumkan nama bangsa ketika menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di Jepang bersama Matsushita pada 1988.

Video Populer

Foto Populer