Sukses


Cerita Awal Karier Erwin Ramdani, Tidak Punya Uang untuk Masuk SSB dan Harus Jual Tanah

Bola.com, Jakarta - Untuk mayoritas pemain sepak bola yang lahir di kota Bandung, pasti punya impian memperkuat Persib Bandung. Hal ini bisa direalisasikan seorang Erwin Ramdani.

Setelah malang melintang di PSFC Ciamis, PSMS Medan sampai PS TNI, Erwin Ramdani akhirnya gabung Persib pada tahun 2019.

Namun siapa sangka, sang pemain butuh perjuangan berliku nan panjang untuk sampai akhirnya memperkuat Persib. Utamanya ketika mengawali karier. Untuk sekadar masuk SSB saja, keluarga Erwin Ramdani sampai harus menjual tanah.

"Ya, memang keluarga saya ada keterbatasan (ekonomi). Saat itu, SSB UNI Bandung sampai kasih diskon buat saya. Singkat ceritanya, akhirnya saya masuk SSB UNI," kata Erwin Ramdani melaluio channel YouTube Persib Bandung.

"Pengorbanan saya ngobrol dulu sama uwa. Dulu uwa punya rejeki lebih ketimbang saya. Jual tanah punya keluarga agar saya bisa masuk SSB UNI. Karena saya butuh uang masuk, buat perlengkapan," tambahnya.

Perjuangan seorang Erwin Ramdani tak berhenti sampai di situ. Dia mengaku tak pernah pulang dulu ke rumah jika ingin berlatih di SSB. Alhasil dari sekolah, ia langsung berangkat berlatih sepak bola dengan menggunakan sepeda.

"Kali pertama masuk SSB, perjuangan bisa dibilang di atas normal. Pulang sekolah tidak langsung ke rumah. Saya istirahat biasanya tidur di kantin," ucap pria yang juga anggota TNI itu.

"Saya kan naik sepeda ya. Dulu kalau sampai sekolah, ya sudah keringatan. Tapi sama sekali tidak ada gengsi dari saya," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Perjuangan Terbalas

Kini perjuangan Erwin Ramdani sejak kecil terbayar lunas. Pemain berusia 27 tahun itu tak hanya menjadi pemain sepak bola profesional, tapi kini bisa memperkuat Persib Bandung.

"Dari kecil, saya punya keyakinan bisa jadi pemain sepak bola profesional. Khususnya jadi pemain Persib. Orang tua pernah mulai khawatir ketika saya mulai masuk usia untuk bekerja," Erwin Ramdani mengungkapkan.

"Tai saya punya hati kecil, saya bakal jadi pemain sepak bola. Ini keyakinan saya," lanjutnya.

 

Sumber: Channel YouTube Persib

Video Populer

Foto Populer