Sukses


Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa serta 5 Pasang Kakak Beradik dan Kembar Identik di Sepak Bola Indonesia: Main Bareng Hingga Menjadi Rival

Bola.com, Jakarta - Tidak berlebihan untuk menyebut sepak bola adalah panggung persaudaraan. Tak terkecuali di Indonesia, di mana sepak bola sering menjadi panggung bagi mereka yang memiliki hubungan sebagai kakak dan adik.

Beberapa pemain berstatus saudara kandung pernah bermain bersama hingga menjadi lawan di sepak bola Indonesia. Ada juga pesepak bola yang kembar identik, namun tetap memiliki jalan hidup yang berbeda.

Contohnya adalah Bagus Kaffi dan Bagas Kaffa. Keduanya sama-sama memperkuat Barito Putera.

Namun, Bagus tercatat belum pernah tampil untuk Barito Putera karena disibukkan dengan agenda Garuda Select di luar negeri. Adapun sang kakak, Bagas, saat ini menjadi pemain muda andalan di Barito Putera.

Keduanya diyakini akan terpisah dalam melakoni karier masing-masing. Bagus Kahfi resmi dilepas Barito Putera dan akan mengawali kariernya di luar negeri bersama tim muda FC Utrecht, Jong Utrecht.

Meski demikian, pasangan kembar identik itu tetap akan saling memberikan dukungan. Terutama ketika nanti keduanya dipanggil ke Timnas Indonesia.

Bola.com mengumpulkan sejumlah abang adik yang masih aktif di sepak bola Indonesia. Ada yang bermain satu tim, hingga harus menjadi rival saat tim yang dibela masing-masing berhadapan di kompetisi. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Rezaldi Hehanussa dan Al Hamra Hehanussa

Persija Jakarta memiliki dua pemain yang merupakan kakak beradik. Mereka adalah Rezaldi Hehanussa dan Hamra Hehanussa.

Nama Rezaldi memang sudah tak asing di telinga suporter Persija. Rezaldi merupakan bek kiri langganan Persija yang sudah tampil sejak 2016.

Adapun Hamra yang usianya lebih muda empat tahun dari Rezaldi lebih sering duduk di bangku cadangan. Hamra juga memiliki posisi yang sama, yakni bek sayap kiri.

3 dari 7 halaman

Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto

Fandi Eko Utomo merupakan kakak dari Wahyu Subo Seto. Keduanya adalah putra dari mantan pemain Timnas Indonesia, Yusuf Ekodono.

Fandi Eko Utomo saat ini bermain PSIS Semarang, sedangkan Wahyu Subo Seto membela Bhayangkara FC. Keduanya memiliki posisi yang sama, yakni gelandang.

Tentu saja Shopee Liga 1 2020 menjadi musim yang menarik buat keduanya. Laga antara PSIS melawan Bhayangkara FC bakal selalu ditunggu-tunggu Fandi Eko dan Wahyu Subo Seto.

4 dari 7 halaman

Gian Zola dan Beckham Putra

Persib Bandung memiliki dua pemain yang merupakan abang adik yakni Gian Zola dan Beckham Putra. Kedua pemain tersebut sama-sama menghuni tim reguler Persib pada Liga 1 2020.

Gian Zola merupakan kakak dari Beckam Putra. Keduanya terpaut usia tiga tahun dan sama-sama bermain di posisi gelandang.

Keduanya bersaing untuk mengisi lini tengah Persib. Meski demikian, Gian Zola dan Beckham Putra sama-sama memiliki karakter bermain yang khas.

5 dari 7 halaman

Indra Kahfi dan Andritany Ardhiyasa

Indra Kahfi merupakan kakak dari Andritany Ardhiyasa. Keduanya terpaut usia lima tahun dan bermain di posisi yang berbeda.

Indra Kahfi bermain di Bhayangkara FC sebagai bek. Adapun Andritany merupakan kiper dari Persija Jakarta.

Meskipun berstatus sebagai abang adik, keduanya selalu profesional di lapangan. Pertandingan antara Persija melawan Bhayangkara FC tentu akan selalu dinantikan setiap musim oleh anak dari pasangan Talih Ardhiyasa dan Neni Yuliani itu.

6 dari 7 halaman

Zulham Zamrun dan Zulvin Zamrun

Zulham Zamrun dan Zulvin Zamrun adalah satu dari sedikit pemain kembar yang ada di sepak bola Indonesia. Keduanya sama-sama mengawali karier di Persiter Ternate.

Namun, karier Zulham lebih cemerlang ketimbang sang adik. Zulham pernah memperkuat klub elite Indonesia semisal Persela Lamongan, Mitra Kukar, Persib Bandung, dan PSM Makassar.

Momen unik kerap terjadi ketika keduanya harus bertemu sebagai lawan pada pertandingan. Meski demikian, Zulham dan Zulvin tetap profesional membela tim masing-masing.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer