Sukses


Pemerhati PSIS di Platform Digital Bertumbuh Pesat Sepanjang 2020

Bola.com, Semarang - Boleh dibilang 2020 menjadi periode yang buruk bagi mayoritas penghuni bumi dari berbagai aspek, termasuk dunia sepak bola Indonesia. Pandemi COVID-19 menghantam pelaksanaan kompetisi Shopee Liga 1 yang ditangguhkan setelah berjalan 3 pekan. Namun, masih ada sisi positif yang dirasakan PSIS Semarang di tengah pandemi COVID-19 yang menyerang sepanjang 2020.

Selama pandemi COVID-19 menyerang, semua klub Shopee Liga 1 harus melakukan improvisasi demi eksistensi di tengah vakumnya kompetisi. Paling tidak, berbagai strategi positif harus dilakukan, demi kelangsungan hidup klub. Satu di antaranya memaksimalkan potensi dari dunia maya melalui media sosial.

Aktivitas media sosial justru mengalami peningkatan signifikan bagi klub-klub Indonesia, meski sedang tidak ada kompetisi. Seperti dalam pencapaian yang diraih oleh PSIS Semarang.

Melalui akun Instagram resmi mereka, yakni PSIS Official, tim Mahesa Jenar mampu menembus posisi lima besar klub Shopee Liga 1 dalam hal interaksi terbanyak dengan fans dan jumlah unggahan sepanjang 2020.

Untuk kategori interaksi dengan fans, PSIS mampu bersanding dengan klub yang memiliki followers cukup banyak macam Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema FC. Instagram PSIS mampu bertengger di posisi kelima.

Sepanjang tahun, dari 1 Januari hingga 31 Desember 2020, akun Instagram PSIS mencapai 12,98 juta interaksi. Angka tersebut didapat dari total like sebanyak 12,83 juta, dan 143,8 ribu komentar yang mewarnai akun Instagram resmi PSIS.

Admin Instagram PSIS Semarang juga cukup rajin dalam mengunggah konten. Sepanjang 2020, media sosial PSIS itu mengunggah 968 konten dan menempati peringkat keempat sebagai tim yang paling produktif di bawah Persija, Persib, dan Borneo FC.

Video

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan yang Baik

Tidak cukup sampai di situ, Instagram resmi PSIS Semarang juga mendapat rata-rata pertumbuhan followers yang cukup baik. Sepanjang 2020, pertumbuhan followersnya mencapai 45,1 ribu followers dan berada di urutan keenam, di bawah Persib, Persija, Persebaya, Bali United, dan Arema FC.

Pencapaian hebat yang didapat PSIS diapresiasi oleh CEO klub, Yoyok Sukawi. Kreativitas dan hasil karya tim media sosial PSIS disebutnya pantas diacungi jempol. Ia mengaku hal itu mampu membuat PSIS tetap hadir di tengah-tengah para pendukungnya, walaupun harus menghadapi dampak besar dari pandemi COVID-19.

"Sebuah capaian yang harus dipertahankan dan ditingkatkan. Jangan cepat puas untuk tim media sosial PSIS. Tahun ini harus lebih baik dan lebih baik. Demi kemajuan klub kebanggaan kita," kata Yoyok Sukawi seperti dilansir dari situs resmi PSIS, Selasa (5/2/2021).

"Untuk seluruh penggemar, followers PSIS, saya juga mengucapkan terima kasih. Terus dukung PSIS baik dari segi pertandingan mau pun aktivitas lain dalam bentuk digital," jelas pria bernama lengkap Alamsyah Satyanegara Sukawijaya itu.

Video Populer

Foto Populer