Sukses


Akademi PSS Mulai Beraktivitas, Gerbang Sukses Pesepak Bola Masa Depan Indonesia

Bola.com, Sleman - Dalam pandemi COVID-19, PSS Sleman tak memutuskan menghentikan aktivitas di lapangan hijau. Memang bukan skuat senior yang diasuh Dejan Antonic, melainkan produk usia dini tim Elang Jawa, yaitu tim akademi PSS yang menjalani latihan.

Akademi PSS Sleman diresmikan sekaligus menjalani latihan di stadion Maguwoharjo pada Kamis (14/1/2021), di bawah kendali Guntur Cahyo Utomo sebagai Kepala Development Cener PSS. Bagi PSS, akademi yang baru saja dirintisnya merupakan kawah candradimuka bagi pesepak bola usia dini, terutama di kawasan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekitarnya.

Akademi ini diharapkan menjadi batu loncatan bagi pemain belia untuk mengembangkan bakatnya, sekaligus menjadi gerbang masuk ke tim Elite Pro Academy PSS, hingga ke level tim senior. Adapun untuk sesi latihan diikuti oleh 23 siswa.

"Mulainya latihan ini merupakan komitmen dari PT PSS untuk pengembangan bibit-bibit sepak bola usia dini. Harapannya akan muncul sinergisitas pembinaan dengan tim senior PSS Sleman," ujar Direktur Operasional PSS Sleman, Hempri Suyatna, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, akadem PSS menjadi tempat yang sesuai bagi anak-anak Sleman untuk tumbuh berkembang menjadi pesepak bola andal di masa depan. Melalui pembinaan ini, diharapkan filosofi sepak bola Elang Jawa bisa dibangun sejak dini.

Sementara itu, Kepala Development Center PSS Sleman, Guntur Cahyo Utomo, menyebut lahirnya akademi merupakan bukti keseriusan PSS untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih besar kepada calon-calon pesepak bola masa depan Indonesia.

"Sebagai awalnya, kami memberikan pengenalan latihan baru, pengenalan dasar bagaimana bermain sepak bola, sekaligus menjadi masa transisi bagi sebagian besar pemain jebolan dari SSB," lanjutnya.

Video

2 dari 2 halaman

Antusiasme Besar

Meski sempat menjalani latihan dan pengenalan akademi PSS Sleman, para siswa untuk sementara mendapatkan program latihan secara virtual, mengingat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang termasuk di wilayah Sleman.

Akademi PSS masih terbuka bagi para pemain usia dini hingga 3 bulan ke depan untuk ikut bergabung. Jadwal latihan tiga kali seminggu dan satu kali pertandingan, selain latihan individu secara berkala.

Respons dari masyarakat juga bisa terbilang luar biasa. Akademi PSS memang sudah lama dinantikan oleh orang tua yang ingin anaknya fokus mengembangkan bakat di dunia sepak bola.

"Kami sudah lama menantkan latihan Akademi PSS ini. Dulu anak saya mau masuk ke akademi di Bandung, tapi karena berdomisili di Yogyakarta hal itu menyulitkan pengawasan," jelas salah seorang orang tua siswa bernama Lukman.

Video Populer

Foto Populer