Sukses


Menerapkan Variasi Latihan, Pemain Persikabo Menjalani Aktivitas Yoga Bersama

Bola.com, Bogor - Para pemain Persikabo menjalani latihan yang berbeda pada hari ini, Senin (25/1/2021). Skuat Laskar Padjajaran memulai latihan dengan beraktivitas yoga dan melanjutkan dengan program latihan seperti biasa.

Skuat Persikabo menjalani aktivitas yoga dipimpin instruktur berpengalaman, Retno Wulandari, yang sudah memiliki RYT 200 hours Yoga with Srinatha, Mysore India.

Menu yoga ini diberikan kepada para pemain Persikabo untuk mengubah pola pikir setiap pemain, bahwa menu latihan sepak bola tidak harus melulu berlari, mengumpan, menyundul, menyerang atau bertahan.

"Guna menyegarkan para pemain, agar kebugaran mereka juga tetap terjaga, kami menggelar latihan yoga. Sebenarnya ada agenda uji coba, tapi batal karena PPKM diperpanjang. Jadi kita yoga agar pemain tahu latihan tidak melulu itu-itu saja," ujar asisten pelatih Persikabo, Miftahudin Mukson, setelah latihan di Lapangan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian, Hambalang, Kabupaten Bogor, Senin (25/1/2021).

Sementara itu, Retno Wulandari mengatakan bahwa latihan yoga juga sangat penting bagi atlet sepak bola. Menurutnya, latihan yoga bisa menunjang otot-otot pemain agar makin terjaga dan kuat jika memang dilakukan secara rutin.

"Aktivitas yoga tadi fokus untuk kekuatan otot kaki sekaligus peregangannya. Sangat bermanfaat menjaga otot-otot agar tetap stabil. Untuk meditasinya, yoga baik sekali untuk rileksasi baik jiwa dan raga pemain. Biasanya mereka latihan ekstra keras," ujar Retno setelah memimpin yoga dalam latihan Persikabo.

Hingga saat ini, Persikabo memang masih intens melakukan latihan meski kompetisi musim 2020 belum jelas kapan dimulai. Berbeda dengan tim lain yang memutuskan untuk meliburkan aktivitas tim, Persikabo terus menggelar latihan untuk para pemainnya.

Video

2 dari 2 halaman

Pengalaman Pertama

Bagi sebagian besar pemain Persikabo, latihan yoga kali ini merupakan pengalaman pertama. Satu di antaranya diakui oleh Dimas Drajad.

Namun, Dimas Drajad mengakui bahwa melakukan yoga sebelum berlatih dengan program tim kepelatihan, ternyata sangat membantu meregangkan otot-otot kakinya.

"Senang sekali bisa yoga sebelum melahap menu latihan utama. Ini pengalaman pertama dan sangat bermanfaat untuk melemaskan otot-otot sebeum berlatih dengan materi utama dari tim pelatih," ujar Dimas Drajad.

Video Populer

Foto Populer