Sukses


Izin Liga 1 2021 Akan Diputuskan oleh Kapolri

Bola.com, Jakarta - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto menyatakan, izin keamanan untuk Liga 1 2021 ada di tangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sebelum mengambil keputusan, Kapolri akan mempertimbangkan sejumlah faktor lebih dulu.

"Nanti Pak Kapolri yang akan memutuskan izin untuk Liga 1 berdasarkan pertimbangan situasi yang ada," kata Agus Andrianto dinukil dari laman Humas Polri, Sabtu (6/1/2021).

Agus Andrianto juga menegaskan, Polri belum menerbitkan rekomendasi keramaian untuk Liga 1. Tanpa izin dari kepolisian, kompetisi mustahil untuk digulirkan.

"Kami belum memberikan izin untuk Liga 1 2021," ucap Agus Andrianto

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengakui pihaknya telah menerima permohonan izin dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Saat ini, kepolisian masih memelajari permintaan itu sebelum mengabulkan atau menolaknya.

"Yang jelas, surat itu sudah kami terima. Sekarang sedang kami pelajari lagi. Nanti, apabila sudah dikeluarkan izinnya atau tidak, akan kami sampaikan ke publik," terang Rusdi Hartono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Sempat Dapat Lampu Hijau dari Polri

Sebelumnya, Polri melalui Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri, Kombes Pol. Budi Sajidin mengatakan bahwa pihaknya kemungkinan besar akan memberikan rekomendasi keramaian untuk Liga 1 2021. Kepolisian sempat tidak mengizinkan kompetisi tahun lalu untuk dilanjutkan pada Oktober 2020 karena pandemi COVID-19.

Budi Sajidin baru menerima kabar dari Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, bahwa pihaknya membuka kemungkinan untuk mengizinkan Liga 1 musim ini.

"Saya sudah dapat kabar dari Imam Sugianto, yang menyatakan Liga 1 kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan," kata Budi Sajidin pada diskusi virtual yang digagas oleh Seksi Wartawan Indonesia (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang bertajuk 'Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi' pada Rabu (3/2/2021).

"Lampu hijau untuk Liga 1, untuk sepak bola, bisa dilaksanakan, tapi tanpa penonton," jelas Budi Sajidin.

Selain Liga 1, Budi Sajidin mengatakan kepolisian juga akan mengizinkan cabang olahraga lainnya untuk digelar pada tahun ini. Pihaknya saat ini menunggu surat permintaan sebelum mengeluarkan rekomendasi keramaian.

"Mudah-mudahan nanti cabor lainnya seperti bola basket, bola voli, dan yang lain-lain bisa dilaksanakan. Prinsipnya kami sayang dengan masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan berkompetisi," imbuh Budi Sajidin.

Video Populer

Foto Populer