Sukses


Presiden Madura United Minta RD Melirik Potensi Pemain Akademi

Bola.com, Bangkalan - Madura United dipastikan bakal kembali ditangani oleh Rahmad Darmawan sebagai pelatih kepala pada musim baru. Sosok yang karib disapa RD itu telah mencapai kesepakatan untuk kembali menukangi klub berjulukan Laskar Sape Kerap tersebut.

Setelah memastikan RD tetap menjadi pelatih kepala, Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, mengirim pesan kepada RD mengenai skuat timnya pada musim lalu. Dia meminta kepada pelatih berusia 54 tahun itu melirik pemain binaan Madura United Football Academy (MUFA).

"Madura United sudah menjalankan MUFA sejak 2016 lalu. Mulai musim, sudah saatnya manajer pelatih tim senior memiliki prioritas terhadap pemain binaan dari MUFA dengan memaksimalkan kemampuan pemain hasil binaan tersebut," ujar Achsanul Qosasi.

"Setidaknya minimal lima pemain setiap tahun yang harus dipromosikan dari MUFA dan bisa mendapatkan kesempatan bermain secara reguler di pertandingan resmi," lanjut presiden klub yang disapa AQ.

Madura United sebenarnya selalu berusaha mempromosikan pemain binaan sendiri dalam setiap musim untuk skuat tim senior. Namun, jumlahnya tidak banyak sejak klub asal Pulau Garam itu didirikan pada 10 Januari 2016.

Satu pemain yang cukup menonjol adalah penyerang sayap Kevy Sahertian yang merupakan jebolan Madura United U-20. Meski tidak tampil reguler, pemain berusia kerap mendapatkan kesempatan dan memberikan kontribusi.

Video

2 dari 2 halaman

Fokus Pembinaan Pemain Muda

Madura United kini sedang berusaha mengubah arah kebijakannya kepada pembinaan pemain muda. Keseriusan mereka pada aspek ini dilatarbelakangi oleh kegagalan memperoleh lisensi klub profesional AFC.

"Sejak berdirinya Madura United Football Academy, regulasi internal Madura United adalah menggunakan pemain binaan minimal lima orang pemain setiap musim yang diorbitkan bersama pemain-pemain senior Madura United," ucap AQ.

"Coach RD harus berani mencoba mereka dalam pertandingan resmi, karena MUFA sudah berjalan. Saat ini lapangan latihan untuk akademi akan selesai dalam tiga bulan ke depan," ujar pria asal Sumenep itu.

Saat ini, Madura United mengklaim telah mencapai kesepakatan dengan 28 pemain lokal yang sudah menjadi bagian klub pada musim lalu. Kemungkinan, dari jumlah tersebut, terdapat beberapa pemain yang pernah dibina oleh MUFA.

Video Populer

Foto Populer