Sukses


Persija Main di Malang, Aremanita Ajak The Jakmania Nonton di Rumah Saja

Bola.com, Malang - Persija Jakarta akan bermain di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada penyishan Grup B Piala Menpora 2021.

Dari 4 klub yang tergabung di Grup B, Persija yang selama ini selalu dapat sambutan hangat saat main di Malang. Suporter Persija punya hubungan baik dengan fans Arema. Sedangkan Bhayangkara FC, Borneo FC dan PSM Makassar tidak terlalu punya historis dengan Aremania.  

Sempat muncul kekhawatiran fans Persija bakal berkumpul di Malang ketika tim ibukota itu berlaga. Namun, Aremania meyakinkan jika hal itu tak akan terjadi.

Pemerintah Malang, panpel Arema, dan Aremania juga sudah memberi imbauan untuk tidak datang ke stadion dan memberi dukungan dari rumah masing-masing.

Suporter perempuan Arema, Yulea H. Firdian punya ide unik. Dia mengenakan t-shirt Persija dan berfoto sendirian di area Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Selasa (9/3/2021). Baginya, itu simbol solidaritas untuk Persija Jakarta yang akan main di Malang. Tapi saat pertandingan, dia berharap tidak ada suporter yang datang.

Lagipula, di masa pandemi ini, tidak nyaman jika nekat ke stadion. Stadion bakal kosong. Akan lebih gereget nonton di televisi. Apalagi, pertandingan akan disiarkan langsung oleh Indosiar. Yang sedang beraktivitas pun bisa menonton via live streaming di Vidio.

“Saat pertandingan nanti semua diharapkan mematuhi protokol kesehatan. Kebetulan saya berfoto di Stadion Kanjuruhan sebagai bentuk solidaritas untuk fans Persija Jakarta karena mereka akan bermain di Malang saat Piala Menpora,” kata perempuan berhijab ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Kampanye Nonton di Rumah Saja

Tak hanya itu, ada pesan unik lain yang disampaikan. Baginya, suporter biasa menghidupkan roda perekonomian dalam sepak bola. Ketika regulasi melarang suporter datang ke stadion, masih ada cara lain memutar perekonomian di lingkup sepak bola.

Yulea juga membeli merchandise dari Persija Jakarta sekaligus berdonasi dalam program yang diadakan Jakmania.

“Seperti tetap membeli merchandise official store atau produksi suporter,” sambungnya.

Aremania lainnya memilih bersama Kepolisian setempat untuk melakukan aksi sosialisasi sehingga tidak ada kerumunan di sekitar stadion atau nobar.

“Kalau suporter Persija maupun lainnya saya pikir sudah menyadari juga regulasi yang ada. Jika ada pelanggaran, dampaknya pada izin Liga 1 nanti akan sulit keluar,” kata Awang Karta, Aremania Korwil Kanjuruhan.

Kabarnya, saat gelaran Piala Menpora di Malang, Aremania bersedia membantu pihak Kepolisian untuk mengamankan sekitar Stadion Kanjuruhan. Radius 1-2 kilometer nantinya ada pengalihan arus sekaligus sweeping agar tidak ada suporter yang menuju stadion milik Pemkab Malang tersebut. 

 

Video Populer

Foto Populer