Sukses


Ezra Walian Gabung, Persib Makin Beraroma Belanda dan Ajax

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, berharap pemain anyarnya Ezra Walian mulai bergabung latihan bersama tim pada Kamis (18/3/2021). Ezra resmi menjadi kekuatan Persib pada Minggu (14/3/2021) dengan diikat kontrak berdurasi tiga musim.

Menurut Robert, Ezra sedang menjalani karantina dan sudah ada di Indonesia sejak menemui kesepakatan bersama Persib Bandung. "Jadi kami berharap Ezra sudah mengikuti latihan dari Kamis setelah menjalani karantina, jika semua berjalan dengan lancar," ujar Robert setelah latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Senin (15/3/2021).

Kedatangan Ezra Walian membuat aroma Belanda di Persib semakin kental. Fakta itu pun tidak dibantah Robert Alberts. Tetapi, Robert mengatakan semua itu hanya kebetulan semata.

"Itu benar-benar hanya kebetulan dan membuat ini menjadi seperti tim Ajax di Indonesia. Geoffrey Castillion berasal dari akademi Ajax, Ezra juga, meski waktu dulu belum ada akademi Ajax ketika saya berada di sana (memulai karier)," jelas Robert.

"Tapi itu hanya kebetulan, Ezra kebetulan mempunyai paspor Indonesia dan Geoffrey waktu itu berstatus free transfer setelah dilepas tim Islandia," tambah pelatih asal Belanda ini.

Robert mengatakan pemain yang datang ke Persib Bandung tentu berlatar belakang dan memiliki ilmu sepak bola bagus dari Belanda yang filosofinya menyerang.

"Jangan lupa juga, ada Nick Kuipers yang merupakan orang Belanda di tim dan mendadak tim ini seperti ada koneksi Belanda. Tapi semua itu hanya kebetulan bukan yang sengaja kami lakukan," ungkap Robert.

 

2 dari 3 halaman

Kebetulan Bentuk Koneksi Belanda

Kedatangan Ezra Walian, Nick Kuipers, dan Geoffrey Castillion diakui bukan sebuah kesengajaan untuk memboyong pemain asal Belanda ke Persib.

"Seperti yang saya katakan, proses pemilihan pemain sangat rumit, artinya harus mencari pemain yang free transfer, lalu apa posisinya. Jadi semua itu hanyalah kebetulan hingga membuat koneksi Belanda sekarang. Tapi dengan latar belakang filosofi menyerang yang kami usung, ini cocok dan sungguh menarik," jelas Robert.

Alasan memilih Ezra Walian, diakui Robert karena memang eks pemain PSM Makassar itu, masuk dalam rencana untuk masa depan. Terlebih, Persib ingin melakukan regenerasi tim dan sejauh ini menurutnyas sukses.

"Pemain yang lebih muda masuk ke tim untuk menggantikan mereka yang pergi. Dan kami ingin membangun tim ini, tim untuk masa depan dan di setiap tahunnya bisa bersaing menjadi juara," ujar Robert.

"Kami punya kekuatan dan kedalaman skuat, tim juga (para pemain) bisa terus bersama dalam beberapa tahun. Kami harus menyiapkan pemain yang bisa mengisi tempat pemain yang sudah senior dan bisa meregenerasi tim dan itu yang kami lakukan," tambah Robert.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer