Sukses


Piala Menpora: Aji Santoso Mengklaim Seharusnya Persebaya Tidak Dapat Kartu Merah

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya mengalami nasib kurang beruntung dalam matchday pertama Grup C Piala Menpora 2021. Mereka terpaksa bermain dengan 10 pemain saja sejak menit ke-35 melawan Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (23/3/2021) malam WIB.

Itu terjadi setelah bek Rizky Ridho mendapat kartu kuning kedua dari wasit Agus Fauzan Arifin di menit tersebut. Tanpa pikir panjang, wasit membuat pemain muda hasil binaan Persebaya itu terpaksa mandi lebih cepat dari rekan-rekannya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, punya pendapat sendiri mengenai kartu merah yang menimpa pemain berusia 19 tahun itu. Menurutnya, Rizky seharusnya tidak mendapat dua kartu kuning dalam dua insiden yang melibatkannya.

“Menurut saya seharusnya tidak dua-duanya mendapat kartu kuning. Mungkin wasit memiliki pandangan yang berbeda. Tetapi, yang pertama itu seharusnya tidak dapat kartu,” kata Aji Santoso dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Pelanggaran pertama dilakukan Rizky Ridho pada menit ke-8. Saat itu, dia berusaha menguasai bola yang setinggi pinggang. Namun, striker Persik Septian Bagaskara kemudian malah menyundul bola tersebut.

Wasit Agus Fauzan Arifin memilih memberinya kartu kuning meski terlihat Rizky tidak melakukan gerakan aktif terhadap Septian. Tendangan bebas ini juga nyaris membuat jala gawang Persebaya bergetar, namun kemudian melambung.

“Kalau (kartu kuning) yang kedua memang harus mendapat kartu. Karena bola dan orangnya sudah lewat, Rizky Ridho sedikit keras kepada kaki lawan,” imbuh Aji Santoso.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Tetap Bisa Menang dengan 10 Pemain

Pelanggaran kedua Rizky Ridho ini terjadi pada menit ke-35 setelah dia menjatuhkan pemain sayap Faris Aditama. Dalam tayangan ulang, tekel yang dilakukannya sebenarnya mengarah ke bola. Namun, itu juga cukup berbahaya untuk pemain lawan.

Bermain dengan 10 personel sejak menit ke-35 sempat membuat Persebaya kesulitan mengembangkan permainan. Apalagi, mereka tertinggal lebih dulu setelah Persik mencetak gol lewat titik putih eksekusi Andri Ibo di menit ke-63.

Situasi itu tetap membuat Persebaya berusaha tetap tampil menyerang. Hasilnya, mereka justru mampu berbalik unggul lewat dua gol yang semuanya dari eksekusi penalti. Dua gol itu diborong oleh Samsul Arif pada menit ke-67 dan ke-71.

3 dari 3 halaman

Ikuti Kuis Interaktif di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer