Sukses


Prediksi Grup A Piala Menpora Barito Putera Vs Persikabo 1973: Saling Sikut Demi Tiket Perempat Final

Bola.com, Solo - Barito Putera akan menghadapi Persikabo 1973 pada laga pamungkas Grup A Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/3/2021). Laga ini sangat krusial buat kedua tim yang bakal saling sikut demi meraih tiket perempat final.

Barito Putera berada posisi yang lebih ideal ketimbang Persikabo 1973 pada klasemen sementara Grup A Piala Menpora 2021. Klub berjulukan Laskar Antasari itu berada di posisi kedua dengan raihan empat poin setelah menghadapi dua pertandingan.

Meski demikian, Barito Putera tak mau terlena karena jika terpeleset maka tiket babak perempat final bisa melayang. Hal itulah yang membuat pelatih Djadjang Nurdjaman tak mau Barito Putera bermain aman dengan mengincar hasil imbang.

Apalagi Persikabo juga masih memiliki peluang untuk lolos. Poin penuh menjadi target bagi Barito Putera, demi memastikan lolos ke babak selanjutnya.

"Berulang kali dalam kesempatan termasuk latihan, saya sampaikan ke semua pemain bahwa perjalanan kami belum apa-apa. Jadi saya minta jangan jemawa, namun selalu konsentrasi, fokus, dan bekerja keras," kata Djadjang Nurdjaman dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Pria yang akrab disapa Djanur itu dengan tegas meminta para pemain Barito Putera untuk tetap waspada akan kebangkitan Persikabo. Terlepas dari hasil minor Persikabo pada dua laga sebelumnya, Djanur mengakui kualitas dan kekuatan calon lawannya tersebut.

"Materi pemain dan persiapan mereka yang wajib diwaspadai, termasuk pemain kuncinya Wawan Febrianto. Mereka masih punya peluang, jadi kami harus waspada betul. Jadi kami harus bermain menyerang, termasuk mengincar gol cepat," tegas Djanur.

Barito Putera diyakini masih akan mengandalkan skema 4-2-3-1 untuk meladeni permainan Persikabo 1973. Djanur akan mengandalkan Bayu Pradana, Alif Jaelani, Luthfi Kamal, Beni Oktovianto, dan Ambrizal Umanailo untuk mendukung pergerakan Donald Bissa sebagai ujung tombak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Laskar Padjadjaran Optimistis

Sementara itu, Persikabo 1973 masih menyambut antusias laga melawan Barito Putera. Meskipun secara peringkat dan perhitungan matematis, klub berjulukan Laskar Padjadjaran itu berada di posisi yang kurang ideal.

Persikabo 1973 menghuni juru kunci klasemen sementara Grup A Piala Menpora 2021 dengan raihan satu poin dari dua laga. Persikabo 1973 memang masih punya peluang, namun nasib mereka ditentukan oleh pertandingan lain. 

Skenarionya adalah Persikabo 1973 wajib meraih kemenangan melawan Barito Putera. Kemenangan itu harus lebih dari tiga gol dan berharap Arema FC bermain imbang atau kalah dari PSIS Semarang.

Pelatih Igor Kriushenko sadar misi tersebut teramat berat buat timnya. Apalagi Barito Putera memiliki pemain yang lincah dan gemar mengandalkan skema serangan balik kilat.

"Barito Putera merupakan tim yang bagus. Mereka memiliki serangan balik yang sangat cepat. Winger kiri mereka (Rizky Pora) memiliki tendangan bebas dan kaki kiri yang sangat bagus," kata Igor Kriushenko.

Namun, hal itu akan berusaha diantisipasi oleh Persikabo 1973. Masih mengandalkan skema 4-3-3, Igor Kriushenko diyakini sudah melakukan evaluasi dari kekalahan sebelumnya dan menjadikan laga melawan Barito Putera sebagai panggung kebangkitan yang harus dimenangi.

"Kami sudah melakukan evaluasi dari pertandingan melawan PSIS. Saya tidak bisa sebutkan apa saja di sini, akan tetapi kami sudah berbicara kepada para pemain apa saja kesalahan yang harus dibenahi," tegas Igor Kriushenko.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Barito Putera (4-2-3-1): Muhammad Riyandi (kiper), Bagas Kaffa, Cassio de Jesus, Muhamad Firly, Rifky Suryawan (belakang), Bayu Pradana, Alif Jaelani, Luthfi Kamal, Beni Oktovianto, Ambrizal Umanailo (tengah), Donald Bissa (depan)
  • Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)
  • Persikabo 1973 (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper), Rifad Marasabessy, Andy Setyo Nugroho, Julyano Pratama, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Guntur Triaji, Roni Sugeng (tengah); Ahmad Nufiandani, Dimas Drajad, Wawan Febrianto (depan)
  • Pelatih: Igor Kriushenko (Belarusia)

Video Populer

Foto Populer