Sukses


Piala Menpora: PSM Dimbangi Borneo FC, Syamsuddin Batola Tuding Penalti Lawan Rusak Konsentrasi Pemainnya

Bola.com, Malang - PSM Makassar menjadi tim ketiga yang meraih tiket ke perempat final Piala Menpora 2021 setelah bermain 2-2 dengan Borneo FC Samarinda pada matchday tiga Grup B di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (31/3/2021). Dua tim lainnya adalah kontestan Grup A, Barito Putera dan PSIS Semarang.

Dalam jumpa media setelah pertandingan, pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola mengaku puas dengan kerja keras yang diperlihatkan tim asuhannya sepanjang pertandingan. Namun, Syamsuddin mengatakan Zulkifli Syukur dan kawan-kawan sempat kehilangan fokus dan konsentrasi setelah unggul dua gol lebih dulu lewat aksi Saldi Amiruddin dan Zulham Zamrun.

Menurut Syamsuddin, unggul 2-0 membuat penampilannya justru terlihat menanggung beban dan tidak bermain lepas. Apalagi setelah Borneo mendapatkan hadiah penalti yang dinilai kubu PSM agak kontroversial.

"Terus terang saya juga heran, wasit yang dekat dengan kejadian tidak menunjuk titik putuh. Justru asisten wasit yang posisinya agak jauh sangat yakin tangan pemain kami menyentuh bola," ujar Syamsuddin.

Terkait penampilan Yakob Sayuri yang dinilai menurun dibandingkan dua laga sebelumnya, Syamsudin justru tidak sependapat. Menurut Syamsuddin, penyerang sayap andalannya itu sudah tampil optimal meski terus dikawal ketat pemain lawan. "Dalam situasi terjepit, dukungan dari pemain lain juga kurang," terang pelatih PSM Makassar itu.

 

2 dari 3 halaman

Evaluasi dan Pembenahan

Selain sempat kehilangan konsentrasi, Syamsuddin mengakui fisik dan stamina pemainnya agak menurun setelah melewati dua laga berat menghadapi Persija Jakarta dan Bhayangkara Solo FC.

Itulah mengapa Syamsuddin bersyukur tim asuhannya bisa mengamankan tiket perempat final yang sudah berada di depan mata. "Kami beruntung masih ada jeda untuk mengembalikan fisik dan stamina pemain. Saya juga sudah mendapatkan bahan untuk evaluasi tim," kata Syamsuddin.

Pada kesempatan sama, stoper PSM, Hasim Kipuw mengamini pernyataan sang mentor. Hasim mengungkapkan dirinya bersama pemain PSM lainnya sempat dilanda keraguan dan sangat hati-hati dalam bermain agar tidak membuat kesalahan setelah gol penalti Borneo yang dicetak Guy Junior.

"Alhamdulilah, kami bisa lolos dari grup yang dinilai paling berat di Piala Menpora 2021. Saya yakin pelatih kepala sudah menyiapkan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan tim menghadapi babak selanjutnya," tutur Hasim.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer