Sukses


Azrul Ananda Tidak Menyangka Pemain Muda Persebaya Tampil Impresif di Piala Menpora

Bola.com, Surabaya - Keberhasilan Persebaya Surabaya memetik dua kemenangan di Grup C Piala Menpora 2021 membuat banyak pihak terkejut. Pasalnya, mereka menjadi satu-satunya tim yang sukses menyapu bersih laga dengan hasil maksimal sejauh ini.

Terlebih lagi, Persebaya Surabaya mengandalkan pemain muda. Dari 25 pemain, 11 di antaranya masih berusia 21 tahun ke bawah. Bahkan, lima di antaranya secara reguler mampu menembus starting eleven di Piala Menpora 2021.

Selain itu, Persebaya juga tidak merekrut pemain asing untuk memberi kesempatan kepada pemain muda. Tim berjulukan Bajul Ijo sukses memetik kemenangan dengan skor identik 2-1, masing-masing atas Persik Kediri dan Madura United.

Presiden Persebaya, Azrul Ananda, mengirim apresiasi kepada para pemainnya yang telah berjuang maksimal di Bandung.

“Kebetulan, Piala Menpora memberi kami kesempatan untuk memainkan pemain muda binaan dikombinasikan dengan pemain senior. Sekarang, masyarakat baru melihat potensi anak-anak ini. Tapi, kami juga tidak menyangka sehebat ini,” kata Azrul.

“Kami bangga dengan mereka, apa pun hasilnya. Minimal dari dua pertandingan ini, kita bisa melihat bahwa Persebaya Surabaya punya masa depan cerah. Investasi pembinaan yang kami lakukan sejak 2017 mulai menunjukkan hasil,” imbuh pria berusia 43 tahun itu.

Video

2 dari 2 halaman

Hasil Pembinaan

Apa yang ditunjukkan Persebaya Surabaya merupakan hasil kerja pembinaan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Sebab, klub asal Kota Pahlawan itu memiliki 20 klub internal yang bertarung dalam kompetisi internal.

Alhasil, para pemain muda sudah terbiasa dengan persaingan dalam sebuah kompetisi. Atmosfer itu pula yang membuat mereka ditempa dan bisa beradaptasi dengan skuat senior.

Dari 11 pemain muda, tujuh di antaranya merupakan hasil didikan kompetisi internal. Mereka adalah Rachmat Irianto, Koko Ari Araya, Rizky Ridho, Zulfikar Akhmad, Akbar Firmansyah, Dicky Kurniawan, dan Marselino Ferdinan.

Lalu, masih ada enam nama lain yang juga merupakan jebolan klub internal Persebaya yang telah berusia di atas 21 tahun, di antaranya adalah Satria Tama, Andhika Ramadhani, Mokhamad Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Oktafianus Fernando, dan Rendi Irwan.

“Sebenarnya tidak ada yang istimewa. Kami di Persebaya tahu punya aset pemain muda yang luar biasa. Selama ini orang belum pernah lihat saja karena tidak ada kesempatan menunjukkan. Kalau banyak pemain asing atau formasi lama, pemain ini tidak dapat jam terbang,” ucap Azrul.

Video Populer

Foto Populer