Sukses


Asnawi Mangkualam Diliput TV Korea: Heboh karena Followers Instagram dan Cerita Pertama Kali Lihat Salju

Bola.com, Jakarta - Stasiun televisi Korea Selatan, KBS, meliput dan mengenalkan Asnawi Mangkualam, gelandang asal Indonesia yang kini berseragam Ansan Greeners.

Dalam tayangan segmen olahraga KBS 9 News, Jumat (4/2/2021), pembaca berita mengenalkan Asnawi sebagai Park Ji-sung dari Indonesia.

"Ini dia pemain baru Ansan Greeners, Park Ji-sung dari Indonesia. Namanya Asnawi, berumur 21 tahun," kata pembaca berita tersebut.

Kehadiran Asnawi di Ansan membuat klub K-League 2 itu mendadak populer di media sosial. KBS menyoroti jumlah followers Instagram Ansan Greeners, yang awalnya hanya 4 ribu dan melonjak jadi 10 ribu dalam sehari pada saat mengumumkan Asnawi.

Selain itu, traffic pencarian di Google dengan keyword Ansan Greenerd dan Asnawi melonjak.

Bahkan, followers klub masih kalah jauh dari followers pemain berusia 21 tahun itu. Hal itu bisa dimaklumi karena jumlah penduduk Indonesia yang berkali-kali lipat dari Korea Selatan.

"Pemain ini begitu populer di SNS (media sosial) dan memiliki raturan ribu followers. Dia juga dekat dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong."

Asnawi Mangkualam menjadi pemain Indonesia pertama yang berseragam klub K-League. Mantan gelandang PSM Makassar itu pun sudah menjalani laga debut pekan lalu di Piala FA Korea.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Di Luar Lapangan

Asnawi Mangkualam juga diliput kegiatan di luar lapangan, satu di antaranya mencicipi makanan Korea di restoran. Asnawi juga mulai berbicara dengan bahasa Korea meskipun masih didampingi oleh penerjemah.

Saat sesi wawancara, Asnawi ditanya kesan pertama menjadi pemain klub Korea dan hidup di Ansan.

"Sangat senang di sini, apalagi ketika saya datang sedang musim salju dan ini pertama kali saya melihat salju di Korea," kata Asnawi.

Asnawi dikontrak dengan durasi satu musim dengan opsi perpanjangan. Sosok yang merekomendasikan Asnawi adalah Shin Tae-yong. Asnawi rela digaji lebih kecil di klub kasta kedua Liga Korea itu.

Video Populer

Foto Populer