Sukses


Piala Menpora: Luar Biasa! Persebaya Bebas Memilih Calon Lawan di Babak Perempat Final

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya telah memastikan tiket ke 8 besar Piala Menpora 2021. Kepastian itu didapat Samsul Arif dkk. usai bermain imbang 0-0 melawan Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/4/2021).

Persebaya Surabaya mengantongi tujuh poin dan masih menyisakan satu partai melawan PSS Sleman, Rabu (7/4/2021). Kendati laga pamungkas nanti sekadar formalitas, namun pelatih Aji Santoso masih harus berpikir keras soal calon lawan yang bakal dihadapi anak asuhnya, yakni Persib Bandung dan Bali United.

Namun Persebaya punya 'hak prerogratif' untuk memilih lawan di 8 besar. Jika Aji Santoso ingin jadi juara Grup C, maka Persebaya akan menantang Bali United sebagai runner-up Grup D. Syaratnya, Persebaya cukup main imbang atau sekalian menggilas PSS.

Bila Persebaya memilih menempati posisi kedua Grup C, maka Persib akan jadi lawan bagi Rendi Irwan dkk. Namun, Persebaya harus 'main mata' untuk mengalah dari PSS. Jika skenario ini yang dipilih, nilai Persebaya dan PSS sama-sama tujuh poin. Namun PSS berhak jadi juara Grup C, karena menang head-to-head atas Persebaya.

Saat ini, Aji Santoso pasti sedang berhitung siapa lawan yang kemungkinan bisa ditandingi atau dijinakkan Persebaya Surabaya nanti, Persib atau kah Bali United?

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Seni Menjadi Pelatih

Toni Ho, pelatih asal Makasar yang pernah membesut Persebaya mengatakan, situasi yang dialami Bajul Ijo adalah seni sekaligus ilmu matematis dalam sepak bola. Salah mengambil langkah, malah bisa jadi buah simalakama.

"Grup C sangat menarik dan kompetitif. Khusus Persebaya, Aji Santoso harus cermat menganalisa kekuatan timnya untuk melawan Persib atau Bali United. Jika dia salah kalkulasi, Persebaya bisa gagal ke semifinal," kata Toni Ho.

Menurut Toni Ho situasi yang dihadapi Persebaya saat ini jadi simalakama bagi Aji Santoso. "Di sini seninya jadi pelatih. Kita tak hanya dituntut merancang taktik permainan, tapi juga menganalisa kekuatan lawan yang akan dihadapi pada babak berikutnya," tuturnya.

Toni Ho yakin Aji Santoso pasti telah berhitung plus minus jika timnya melawan Persib atau Bali United. "Kuncinya, Aji Santoso harus yakin dengan anak asuhnya. Jika punya keyakinan seperti itu, Persebaya tak akan gentar melawan Persib atau Bali United," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup C Piala Menpora 2021

Video Populer

Foto Populer