Sukses


Melihat Peluang Stadion Maguwoharjo Jadi Venue Perempat Final Piala Menpora 2021

Bola.com, Sleman - Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan memasuki perempat final pada akhir pekan nanti. Tercatat baru tujuh tim yang sudah memastikan lolos ke babak delapan besar.

Artinya masih menunggu satu tim lagi untuk lolos dari Grup C yang baru diketahui hasilnya Rabu (9/4/2021). Adapun satu tempat lainnya sudah menjadi milik Persebaya Surabaya yang saat ini menghuni puncak Grup C dengan nilai tujuh.

Adapun mengenai venue atau lokasi pertandingan babak delapan besar Piala Menpora 2021, PT LIB baru menunjuk Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Sementara itu, satu venue lainnya masih belum diputuskan.

Dua venue yakni Stadion Maguwoharjo Sleman dan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung berpotensi besar mendampingi Stadion Kanjuruhan untuk gelaran babak delapan besar.

"Untuk venue pendamping Stadion Kanjuruhan sebagai tempat penyelenggaraan babak delapan besar belum ditentukan. Masih menunggu hasil wakil Grup C yang lolos," ungkap perwakilan dari PT LIB, Hanif Marjuni kepada Bola.com, Minggu (4/4/2021).

Lantas bagaimana dengan kesiapan Stadion Maguwoharjo jika ditunjuk sebagai venue babak delapan besar selain Stadion Kanjuruhan? Tentunya stadion yang menjadi markas klub PSS Sleman tersebut bakal menjadi venue tersibuk.

Lantaran sebelumnya Stadion Maguwoharjo juga menjadi tuan rumah untuk Grup D Piala Menpora yang berisikan Persib Bandung, Bali United, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh. Selain itu, Stadion Maguwoharjo juga ditunjuk untuk pelaksanaan semifinal dan final nanti, bersama dengan Stadion Manahan Solo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Belum Mendapat Informasi

Ketua panpel lokal Sleman, Tri Mulyanta mengaku pihaknya belum mendapat informasi resmi dari PSSI maupun PT LIB, perihal penunjukan Stadion Maguwoharjo. Hanya saja sudah jauh-jauh hari terdapat informasi mengenai hal itu, yakni siap-siap jika diminta menggelar laga babak delapan besar Piala Menpora 2021.

"Masih menunggu pertandingan terakhir grup C karena PSS juga masih punya peluang lolos. Begitu juga Persib Bandung sudah lolos. Tentunya PT LIB punya formula tersendiri dalam menentukannya," beber Tri Mulyanta.

"Untuk informasi terakhir adalah Stadion Maguwoharjo ditunjuk sebagai venue babak semifinal dan final bersama Stadion Manahan," lanjut dia.

 

3 dari 3 halaman

Bakal Lakukan Pembenahan

Pihaknya menegaskan secara umum pelaksanaan di Stadion Maguwoharjo sudah berjalan dengan baik dan minim kekurangan. Hanya saja tetap ada beberapa catatan sebagai bentuk evaluasi.

Untuk evaluasi selama gelaran babak penyisihan grup, ada sejumlah hal yang perlu dibenahi. Terutama menyangkut kualitas rumput lapangan stadion yang sering dipakai bertanding. Saat fase penyisihan grup, setidaknya sudah ada enam pertandingan yang digelar.

"Sebenarnya tidak begitu banyak evaluasi. Karena berjalan aman lancar, yang datang ke stadion juga tidak mencapai 299 orang sesuai batasan dalam regulasi pertandingan. Jalannya protokol kesehatan juga tidak ada masalah," jelasnya.

"Infrastruktur khususnya di ruang ganti cadangan perlu ditambah pendingin ruangan seperti ruang ganti utama. Begitu juga lapangan dan rumput yang perlu pemulihan oleh pengelola stadion setelah dipakai di penyisihan grup kemarin," tegas Tri Mulyanta.

Video Populer

Foto Populer