Sukses


Anomali Top Scorer Sementara Piala Menpora: Yang Tersingkir yang Memimpin

Bola.com, Bandung - Assanur Rijal memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara di Piala Menpora 2021 dengan empat gol. Andri Ibo menguntit di belakangnya dengan tiga gol. Ke depannya, pundi-pundi gol kedua pemain itu mustahil untuk bertambah.

Apa sebab? Assanur Rijal bersama Persiraja Banda Aceh telah tersingkir di fase grup Piala Menpora. Begitu juga Andri Ibo dengan Persik Kediri. Dua-duanya gagal melaju ke babak delapan besar.

Begitulah fenomena yang terjadi di tabel pemain tersubur Piala Menpora. Assanur Rijal dan Andri Ibo, dua pemain yang kiprahnya telah terhenti, justru mendominasi perburuan sepatu emas.

Singgasana top scorer Piala Menpora dicapai Assanur Rijal bukan tanpa kerja keras. Penyerang berusia 26 tahun itu langsung tancap gas. Pada partai pertama Grup D, pemain yang karib dipanggil Torres itu mencetak hattrick ketika Persiraja menang 3-1 atas Persita Tangerang.

Satu gol lagi diciptakan Assanur Rijal saat Persiraja kalah 1-2 dari Persib Bandung pada matchday terakhir Grup D. Kekalahan itu bikin Torres mengucapkan selamat tinggal kepada Piala Menpora.

2 dari 5 halaman

Andri Ibo, Spesialis Tendangan Penalti

Andri Ibo, pesaing terdekat Assanur Rijal dalam perburuan sepatu emas, membuat tiga gol di babak penyisihan Piala Menpora melalui titik putih.

Persik mendapatkan tiga tendangan penalti di Grup C. Tiga hadiah itu diberikan ketika melawan Persebaya Surabaya, Madura United, dan PSS Sleman. Kesempatan itu berhasil dieksekusi tanpa cacat oleh Andri Ibo.

Andri Ibo merupakan bek sekaligus kapten Persik di Piala Menpora. Umumnya, algojo tendangan penalti dipercayakan kepada pemain depan atau tengah. Namun, Persik punya pertimbangan lain dengan menunjuk Andri Ibo sebagai penendang penalti.

3 dari 5 halaman

Siapa Bisa Geser Posisi Assanur Rijal?

Posisi Assanur Rijal sebagai pemilik tahta top scorer sementara Piala Menpora dapat tergusur sewaktu-waktu. Sejumlah pemain yang timnya melaju ke perempat final Piala Menpora tinggal menunggu waktu untuk mengkudetanya.

Seperti striker Bali United, Ilija Spasojevic dan winger Persija Jakarta, Osvaldo Haay, misalnya. Kedua pemain itu tertinggal dua gol dari Assanur Rijal. Kedua tim punya kans besar untuk melaju sejauh mungkin di Piala Menpora.

Selain keduanya, masih ada Fandi Eko Utomo, Komarodin, dan Pratama Arhan dari PSIS Semarang, Frets Butuan dari Persib Bandung, Samsul Arif dari Persebaya Surabaya, dan Yakob Sayuri dari PSM Makassar yang juga mendulang dua gol di Piala Menpora.

Ancaman juga datang dari penyerang Persija, Marko Simic dan bomber Persib, Wander Luiz. Keduanya baru mencetak satu gol, namun punya riwayat sebagai pemain tajam.

4 dari 5 halaman

Pencetak Gol Terbanyak Sementara Piala Menpora

4 Gol: Assanur Rijal (Persiraja Banda Aceh)

3 Gol: Andri Ibo (Persik Kediri)

2 Gol: Fandi Eko Utomo, Komarudin, Pratama Arhan (PSIS Semarang), Frets Butuan (Persib Bandung), Ilija Spasojevic (Bali United), Osvaldo Haay (Persija Jakarta), Samsul Arif (Persebaya Surabaya), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Ahmad Nufiandani (Persikabo 1973), Chandra Waskito (Persita Tangerang), Dedik Setiawan (Arema FC)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Highlights Pertandingan Terakhir Babak Grup Piala Menpora 2021

Video Populer

Foto Populer