Sukses


PSM ke Semifinal Piala Menpora, Syamsuddin Batola Sanjung Aksi Impresif Hilman Syah

Bola.com, Makassar - PSM Makassar kembali melanjutkan sensasi di Piala Menpora 2021. Melalui drama adu penalti, Juku Eja menaklukkan PSIS Semarang dengan skor 4-2 setelah bermain imbang tanpa gol pada waktu normal dalam laga perempat final di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (9/4/2021).

Kiper PSM Makassar, Hilman Syah, menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan menahan tendangan penalti Pratama Arhan dan Hari Nur Yulianto. Sebaliknya, empat eksekutor Juku Eja, yakni Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, Abdul Rachman, dan Sutanto Tan, memperdaya kiper Jandia Eka Putra.

Dalam sesi jumpa media setelah pertandingan, pelatih PSM, Syamsuddin Batola, tanpa sungkan menyanjung aksi impresif Hilman Syah. Menurut Syamsuddin, Hilman Syah bukan hanya tampil baik dalam duel penalti, tapi begitu pun dalam waktu normal.

"Saya melihat Hilman tampil percaya diri. Dia juga piawai membaca arah bola. Kelebihan ini sekaligus mengangkat moral rekan-rekannya, terutama ketika adu penalti," ujar Syamsuddin.

Sang pelatih menambahkan, sejatinya ia sudah optimistis tim asuhannya bakal lolos ke semifinal setelah berhasil menahan imbang PSIS tanpa gol pada 90 menit waktu normal. Ia memberikan apresiasi kepada seluruh pemain yang telah bekerja keras dan disiplin sepanjang pertandingan, khususnya meredam produktivitas gol PSIS yang tercatat sebagai tim paling subuhr dalam fase penyisihan grup.

Syamsuddin merujuk usaha para pemain yang lebih banyak bertahan mulai menit ke-70. Lapangan yang licin dan pandangan terganggu akibat hujan deras menjadi kendala tersendiri buat PSM untuk tampil dengan serangan balik yang cepat.

Alhasil, Syamsuddin melalui sang kapten, Zulkifli Syukur, menginstruksikan para pemain agar lebih fokus bertahan untuk memburu kemenangan lewat adu penalti.

"Sejak dari Makassar, saya sudah mempersiapkan secara khusus cara mengantisipasi kemungkinan terjadinya adu penalti," terang pelatih PSM Makassar itu.

Video

2 dari 2 halaman

Semangat Siri Na Pacce

Pada kesempatan yang sama, Zulkifli Syukur mengungkapkan keberhasilan PSM Makassar ke semifinal ibarat bonus dari kerja keras dan semangat Siri Na Pacce ala Makassar.

"Ini soal harga diri kami sebagai orang Makassar. Semoga dengan sukses ini, PSM lebih mendapatkan perhatian dari para pemangku kepentingan di Makassar," kata Zulkifli.

Sebagai pemain, Zulkifli mengaku bangga bisa membuat PSM menjelma dari tim yang tidak diperhitungkan di Piala Menpora 2021 menjadi tim kuda hitam.

"PSM sudah melangkah sampai ke semifinal. Sebuah pencapaian yang kami sendiri tak membayangkannya," tegas Zulkifli.

Video Populer

Foto Populer