Sukses


Gempa Mengguncang Malang, Penghuni Hotel Tim dan Panpel di Stadion Kanjuruhan Sempat Berlarian

Bola.com, Malang - Gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021) siang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Gempa itu membuat warga berhamburan keluar dari rumah, tidak terkecuali anggota tim dan panpel peserta Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan.

Dari pantauan Bola.com, saat melewati hotel tempat menginap klub, beberapa pemain PSM Makasssar sempat berhamburan keluar. Mereka mengamankan diri menghindari adanya bangunan yang roboh. Penghuni hotel tempat mereka menginap pun melakukan hal yang sama.

Tim PSM Makassar masih berada di Malang setelah bertanding menghadapi PSIS Semarang di perempat final Piala Menpora 2021, Jumat (9/4/2021), kemudian dua klub lain, Persija Jakarta dan Barito Putera, yang baru akan bertanding nanti malam, juga merasakan efek gempa.

Selain area hotel, jalanan di Kota Malang pun terlihat sangat ramai karena warga memutuskan keluar sambil menunggu keadaan benar-benar aman.

Kepanikan juga terjadi di Stadion Kanjuruhan. Ketika itu panpel sudah berada di area stadion untuk persiapan laga perempat final kedua Piala Menpora 2021.

"Ketika gempa, saya masih memarkirkan mobil. Saya baru menyadari ada gempa setelah banyak petugas keamanan, medis, dan lainnya berlari keluar stadion menuju area parkir yang tidak ada bangunannya," ujar staf media panpel lokal Piala Menpora di Malang, Ovan Setiawan.

Semua terlihat khawatir setelah gempa tersebut. Guncangannya memang terasa lumayan hebat. Ketua panpel lokal Piala Menpora di Malang, Abdul Haris, juga mengaku kaget. Ia sempat panik karena pertandingan akan digelar dalam beberapa jam lagi.

"Pasti panik. Kami langsung memeriksa kondisi stadion. Kami mengamati bangunan dulu. Kami lihat aman, tidak ada tanda-tanda kerusakan," ujar Abdul Haris.

Video

2 dari 2 halaman

Persija Vs Barito Putera Tetap Sesuai Jadwal

Abdul Haris memastikan gempa itu tidak akan memengaruhi persiapan pertandingan perempat final Piala Menpora 2021, sehingga laga Persija Jakarta melawan Barito Putera tetap berjalan sesuai jadwal.

"Mungkin baru besok kami melakukan peninjauan lagi tentang kondisi detail Stadion Kanjuruhan. Satu yang pasti, masih aman untuk pertandingan," tegasnya.

Persiapan dari klub juga masih sesuai jadwal. Persija sudah tiba di Stadion Kanjuruhan dua jam sebelum kick-off. Namun, petugas keamanan terlihat lebih sigap dari biasanya. Beberapa personel sempat berbincang untuk menyarankan agar kendaraan di area stadion dijauhkan dari pepohonan.

Ada kekhawatiran gempa susulan yang berpotensi kendaraan tertimpa pohon. Namun, sudah banyak mobil terlanjur terparkir di dekat pepohonan. Mereka pun kini hanya mengimbau kendaraan yang baru datang untuk parkir jauh dari area bangunan dan pepohonan.

Video Populer

Foto Populer