Sukses


Persipura Hadapi Kendala Menyambut Piala AFC, Jacksen F Tiago Fokus Mix Pemain Senior dan Junior

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura terus menggenjot latihan menyambut Piala AFC bulan depan. Pelatih Jacksen F Tiago mengatakan dirinya akan tetap fokus melakukan blending antara pemain senior dan junior meski persiapan terkendala masalah finansial.

Persipura masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan kematangan tim jelang Piala AFC. Boaz Solossa dkk. akan bertanding pada 19 Mei 2021 menghadapi pemenang duel Visakha (Kamboja) versus Lalenok United (Timor Leste) pada laga playoff Zona ASEAN.

Sejak menggelar latihan sekira 4 pekan belakangan, banyak kendala non-teknis yang dihadapi Persipura. Tapi menurut Jacksen, dengan situasi sulit ini, inilah persiapan terbaik tim.

"Persiapan kita sebenarnya banyak kendala. Tim terlambat terbentuk, pemain juga telat bergabung, kita juga ada persoalan finansial. Tapi, kita tetap bekerja dan berjalan semampu kita," kata Jacksen F Tiago.

"Memang bukan persiapan yang terbaik, tapi dengan situasi seperti ini, inilah yang terbaik," ujarnya lagi.

Persipura telah menggelar laga uji coba melawan Universitas Cendrawasih (UNCEN) pada Jumat pekan kemarin dan meraih kemenangan tipis 1-0. Dari hasil tersebut, Jacksen mengaku sudah melihat kerangka tim dan bakal mengasah terus kemampuan individu pemain serta taktikal secara tim.

Pada laga eksibisi tersebut, coach Jacksen juga sengaja menurunkan dua pemain. Tujuannya, ia mau seluruh pemain, baik junior dan senior bisa nge-blend.

"Saya turunkan dua tim, yang mana punya kekuatan seimbang antara pemain seleksi, muda, dan yang lebih berpengalaman. Apapun hasil akhirnya tidaklah penting," kata Jacksen melanjutkan.

"Tujuan saya adalah mix timnya, supaya pemain muda bisa interaksi dengan yang lebih berpengalaman. Lagipula laga lawan UNCEN bukan keinginan saya, tapi permintaan dari Ketua Umum tim dan Rektor UNCEN. Bagusnya saya jadi punya catatan dari hasil latihan Persipura Jayapura selama ini," kata Jackson.

 

2 dari 3 halaman

Talenta Papua Tidak Cukup untuk Bersaing di Level Asia

Karena kendala finansial yang mendera Persipura, tak banyak yang bisa dilakukan Jacksen F Tiago dalam bermanuver di bursa transfer. Ia sadar timnya butuh tambahan pemain baru, utamanya pemain asing yang punya jam terbang.

Jacksen mengakui kualitas timnya saat ini tak bisa sepenuhnya digantungkan pada talenta lokal Papua saja. Sebab menurutnya, untuk bersaing di level Asia, diperlukan pemain berpengalaman yang memiliki mental dan pemahaman taktik tingkat tinggi.

"Kalau talenta lokal Papua jelas mereka punya level nasional sudah cukup baik, tapi di level internasional saya butuh lebih, semoga saya bisa dapat," kata Jacksen lagi.

"Talenta Papua itu bakat alam, tapi pemahaman taktikal itu yang dibutuhkan di level asia, itulah mengapa saya butuh tambahan pemain lagi."

Mengenai calon pemain asing yang kabarnya akan segera merapat ke Persipura, Jacksen mengaku sudah memiliki nama. Namun, ia belum bersedia membeberkan namanya.

"Kemungkinan besar pemain-pemain yang berada di sekitar Asia sini. Ada yang sudah pernah bermain di Indonesia dan ada yang sudah pernah bermain di salah satu negara dekat Indonesia yakni ASEAN," jelas Jacksen.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Video Populer

Foto Populer