Sukses


Bertarung di Piala AFC, Ini 5 Hal yang Jadi Fokus Utama Jacksen F Tiago di Persipura

Bola.com, Jakarta - Jacksen F Tiago mengungkapkan ada sedikitnya lima poin yang sedang dikebutnya di Persipura Jayapura jelang keikutsertaan timnya di Piala AFC.

Persipura Jayapura akan bertarung menghadapi pemenang duel Visakha (Kamboja) versus Lalenok United (Timor Leste) pada laga playoff Zona ASEAN pada 19 Mei 2021 pada ajang Piala AFC.

Tim berjulukan Mutiara Hitam itu sudah melakoni persiapan matang di Malang. Satu hal pertama yang jadi fokus adalah blending antara pemain senior dan junior.

"Saya turunkan dua tim (saat uji coba melawan UNCEN), yang mana punya kekuatan seimbang antara pemain seleksi, muda, dan yang lebih berpengalaman. Apapun hasil akhirnya tidaklah penting," kata Jacksen saat sesi tanya jawab via zoom meeting kepada awak media.

"Tujuan saya adalah mix timnya, supaya pemain muda bisa interaksi dengan yang lebih berpengalaman. Lagipula laga lawan UNCEN bukan keinginan saya, tapi permintaan dari Ketua Umum tim dan Rektor UNCEN. Bagusnya saya jadi punya catatan dari hasil latihan Persipura Jayapura selama ini," kata Jackson.

Dalam rutinitas latihan yang digarap staf kepelatihan Persipura, Jacksen kemudian menegaskan bahwa ia mau timnya lebih agresif lagi.

"Yang jelas, kita mau tim yang sangat taktis, kompak, agresif, dan selalu fokus pada kemenangan. Itu yang saya coba terapkan. Memang persiapan Persipura Jayapura singkat, tapi sudah berjalan dengan baik," ujar Jacksen lagi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Pesan Ricardo Salampessy kepada Pemain Muda Persipura

Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy, bakal jadi tutor buat para pemain muda. Sebagai pemain berpengalaman, ia tentunya ingin menjadi contoh yang baik, di luar maupun di atas lapangan.

"Saya harus istirahat cukup, makan yang baik. Dengan usia sekarang ini, proses recovery lebih lama. Maka dari itu, saya harus pintar menjaga kondisi," kata eks bek Timnas Indonesia ini.

"Untuk pemain muda, saya sebagai senior akan mencoba berbagi pengalaman saya dan kasih motivasi. Mereka harus cepat beradaptasi, terutama buat para pemain magang."

"Satu hal lagi, harus percaya diri, mungkin saat mereka berlatih masih terkesima karena satu lapangan dengan idola. Sebagai senior saya harus membantu mereka agar bisa keluar kemampuannya," katanya lagi.

Mengenai pemain asing, Jacksen memberikan update. Baginya, yang terpenting bukan dari mana pemain tersebut, melainkan sudah harus berada dan pernah bermain di Indonesia. Kendala finansial jadi maslaah utama.

"Belom ada yang kontrak sama sekali, dan soal apakah dari Brasil atau bukan itu tidak penting, yang paling penting pemain itu pernah main di Indonesia dan berada di sini, itu patokan utamanya," lanjut Jacksen.

Video Populer

Foto Populer