Sukses


Persija Road to Final Piala Menpora 2021: Tanpa Gol dalam 3 Laga Kontra PSM, Macan Kemayoran ke Puncak

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta telah memastikan diri melangkah ke final Piala Menpora 2021. Kemenangan dramatis melalui adu penalti pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021, Minggu (18/4/2021) malam, memastikan Macan Kemayoran meraih satu tiket pertandingan puncak.

Satu yang menarik, Persija Jakarta melangkah ke final setelah menyingkirkan PSM Makassar pada laga semifinal, tim yang sama dengan yang mengalahkan Macan Kemayoran ketika mengawali kiprah di Piala Menpora 2021.

Persija mengawali Piala Menpora 2021 dengan tergabung di Grup B bersama PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC, dan Borneo FC. Macan Kemayoran pun harus menghadapi PSM pada laga pertama yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 22 Maret 2021.

Kala itu, Persija yang diunggulkan karena memiliki materi pemain yang lebih baik dari PSM, justru kalah. Persija kalah 0-2 dari Juku Eja lewat gol yang dicetak Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri.

Namun, Persija merespons kekalahan tersebut dengan sangat baik. Macan Kemayoran kemudian bangkit pada laga kedua dengan menang telak 4-0 atas Borneo FC. Marco Motta, Osvaldo Haay, Yann Motta, dan Marko Simic menjadi empat pemain yang sukses menjebol gawang lawan pada laga kedua.

Hingga akhirnya Persija pun memastikan diri melangkah ke perempat final Piala Menpora 2021 setelah meraih kemenangan krusial 2-1 atas Bhayangkara Solo FC pada laga terakhir Grup B. Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Ezechiel N'Douassel, Persija bangkit dan menang lewat dua gol Osvaldo Haay dan Marc Klok.

Persija Jakarta pun melangkah ke perempat final Piala Menpora 2021 ditemani oleh PSM Makassar yang menyelesaikan fase grup sebagai runner-up. Macan Kemayoran kemudian menang 1-0 atas Barito Putera di perempat final berkat gol tunggal Marko Simic. Kemenangan itu membawa mereka ke semifinal dan kembali harus menghadapi PSM, yang mengalahkan PSIS Semarang lewat adu penalti.

2 dari 3 halaman

Persija ke Final Tanpa Satu pun Gol ke Gawang PSM

Satu hal yang unik adalah Persija Jakarta seperti harus melakukan tanding ulang dengan PSM Makassar. Dengan bayang-bayang kekalahan 0-2 pada laga pertama fase grup, Persija harus dua kali menghadapi PSM pada babak semifinal Piala Menpora 2021.

Belajar dari kesalahan di fase grup, Persija pun memperketat lini pertahanan dan berusaha meningkatkan daya gedor di lini serang. Namun, pada leg pertama semifinal yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 15 April 2021, Persija dan PSM harus puas bermain imbang tanpa gol selama 90 menit pertandingan.

Lucunya, begitu pun yang terjadi pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (19/4/2021). Persija dan PSM harus kembali puas hanya bermain imbang tanpa gol selama 90 menit pertandingan berlangsung.

Sesuai regulasi, ketika dua kali pertandingan kedudukan tetap imbang, permainan langsung dilanjutkan dengan adu penalti. Persija hampir saja tersingkir karena kecemerlangan kiper PSM Makassar, Hilmansyah, dalam menghalau sepakan Marco Simic dan Novri Setiawan

Sementara itu, di sisi lain, kegagalan PSM Makassar disebabkan tendangan Abdul Rahman berhasil dihalau Andritany sementara eksekusi Yakob Sayuri melayang jauh di atas mistar gawang Persija.

Dalam eksekusi tambahan dengan sistem sudden death, Sandi Sute dan Riko Simanjuntak dari Persija dan Zulham Zamrun dan Saldy sama-sama gagal melakukan tugasnya dengan baik. Beruntung bagi Persija karena Tony Sucipto mampu melakukan tugasnya dengan baik, dan Andritany Ardhiyasa berhasil menghalau tembakan kapten PSM, Zulkifli Syukur, yang memastikan Persija melangkah ke final.

Sebuah akhir yang dramatis bagi PSM yang pernah satu kali mengalahkan Persija pada fase grup, justru harus tersingkir oleh Macan Kemayoran. Andritany Ardhiyasa dkk. melangkah ke final dan menyingkirkan PSM dengan tanpa mencetak satu gol pun ke gawang Juku Eja selama tiga pertemuan kedua tim di Piala Menpora 2021 dalam waktu normal.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer