Sukses


3 Pemain Kunci yang Bawa Persija Menembus Final Piala Menpora 2021: Dari Bawah Mistar hingga Kreator Serangan

Bola.com, Surabaya - Persija Jakarta sukses menembus final Piala Menpora 2021. Mereka menang 4-3 atas PSM Makassar dalam babak adu penalti setelah bermain imbang 0-0 dalam leg kedua semifinal di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021) malam.

Keberhasilan ini membuat Persija Jakarta memiliki catatan yang unik selama fase gugur dengan tidak pernah kebobolan dalam waktu normal selama 90 menit.

Sebelumnya, Macan Kemayoran menang 1-0 atas Barito Putera dalam babak perempat final (10/4/2021). Laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 kontra PSM juga berakhir 0-0 pada 15 April lalu.

Secara keseluruhan, permainan Andritany Ardhiyasa dkk. memang cukup apik selama fase gugur, terutama di babak semifinal. Mereka mampu menahan gempuran pemain lawan di barisan pertahanan.

Padahal, Persija sempat memulai turnamen pramusim ini dengan hasil yang kurang memuaskan di fase grup. Mereka harus tumbang 0-2 dari PSM Makassar dalam laga pertama Grup B pada 22 Maret silam.

Kini, tim arahan Sudirman itu akan berjumpa dengan Persib Bandung di partai puncak yang digelar dalam dua leg pada 22 dan 25 April mendatang.

Keberhasilan Persija Jakarta mendapatkan tiket final ini tidak lepas dari peran penting tiga pemain yang bermain impresif di masing-masing posisi. Simak ulasan dari Bola.com berikut ini:

 

Video

2 dari 4 halaman

Andritany Ardhiyasa

Sosok satu ini tidak tergantikan dalam mengawal gawang Macan Kemayoran. Andritany adalah pemain penting di bawah mistar sekaligus kapten tim buat Persija Jakarta. Penampilannya sudah tidak diragukan lagi.

Selama Piala Menpora 2021, dia tampil dalam enam pertandingan dan mampu empat kali clean sheet. Satu di antaranya terjadi di fase grup, sedangkan sisanya berlangsung selama tiga laga fase gugur.

Jangan lupakan juga penampilan apiknya dalam dua pertandingan semifinal melawan PSM Makassar. Dia menjadi aktor penting yang membuat dua pertandingan itu tidak kebobolan mengingat laga berakhir dengan skor identik 0-0.

Andritany juga mengamankan tiga tembakan dari lima tendangan pemain PSM yang tidak berbuah gol dari adu penalti. Pengalamannya sebagai kiper tentu telah membuatnya memiliki pengaruh besar untuk keberhasilan Persija.

 

3 dari 4 halaman

Marc Klok

Pemain naturalisasi berdarah Belanda ini selalu menjadi sentral pemainan Persija Jakarta. Menempati posisi gelandang tengah, Marc Klok adalah sosok yang punya peran dalam mengalirkan bola dari belakang ke depan.

Hampir dalam setiap pertandingan gelandang berusia 28 tahun mencatatkan sebagai pemain dengan catatan umpan berhasil terbanyak. Akurasi umpan yang dimilikinya membuatnya sebagai pembeda dalam setiap pertandingan.

Klok juga punya tendangan bebas yang akurat dalam mengarah bola ke pemain depan. Dari catatan ini, dia termasuk pemain yang tak boleh hilang dari perhatian lawan.

 

4 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Sudah bukan rahasia lagi Riko Simanjuntak adalah penyerang sayap andal Persija Jakarta yang punya kecepatan dalam menggiring bola. Meski tidak tampil sebagai starter, dia selalu tampil prima di babak kedua dengan kemampuannya.

Riko adalah ancaman nyata buat lawan dalam menyisir sayap kanan dan mengeksploitas kelemahan lawan itu. Beberapa kali dia mampu merangsek hingga lini depan dan menghasilkan umpan yang berbuah gol bagi pemain depan.

Half Time Show, Persaingan Tak Biasa BRI Liga 1 dan Kembalinya Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer