Sukses


Bintang Leg I Final Piala Menpora: Terkaman Striker Persija yang Orang Bandung, Taufik Hidayat

Bola.com, Sleman - Persija Jakarta menapaki langkah mulus mengangkat trofi Piala Menpora 2021. Persija mengalahkan Persib BandungĀ 2-0 dalam leg pertama final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam.

Tim kebanggaan The Jakmania harus berterima kasih kepada dua pemain mudanya yang unjuk gigi menentukan kemenangan. Braif Fatari dan Taufik Hidayat sukses membukukan gol sekaligus mengantarkan Persija unggul atas Persib.

Bola.com memilih Taufik Hidayat sebagai pemain terbaik dalam duel leg pertama. Striker muda ini tampil mengejutkan dan membuat perbedaan besar dalam hasil positif yang diraih Macan Kemayoran.

Di luar dugaan, pelatih Persija Jakarta, Sudirman menurunkan pemain muda yang jarang tampil. Mereka justru dimainkan sejak menit pertama. Dua di antaranya adalah Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Taufik Hidayat mencuri perhatian. Ia mampu membayar kepercayaan pelatih dengan penampilan yang ciamik. Ia mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus berperan membawa timnya di ambang juara.

Taufik berperan besar dalam terciptanya dua gol Persija Jakarta ke gawang Persib di paruh pertama. Diawali dari gol cepat Braif Fatari pada menit pertama. Bola pantulan hasil pergerakan Taufik Hidayat, diselesaikan dengan kaki kiri Braif.

Video

2 dari 3 halaman

Mengesankan

Peran kedua Taufik HidayatĀ adalah ikut berhasil menambah keunggulan Persija Jakarta saat laga berjalan tujuh menit. Atau hanya berjarak enam menit setelah Braif Fatari membuka skor bagi Persija di menit pertama.

Pergerakan lincah Riko Simanjuntak dari sisi kiri mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Taufik Hidayat dalam posisi bebas dengan mudah mencetak gol dengan sontekan kaki kanan, tanpa dapat dijangkau kiper Persib, I Made Wirawan.

Pertahanan Persib yang dikawal duet Nick Kuipers dan Victor Igbonefo, kerepotan menjaganya. Posturnya Taufik tak kalah tinggi untuk duel-duel di udara. Pemain berusia 21 tahun tersebut sukses menjadi momok pertahanan Persib.

Tidak sampai disitu. Pemain asal BandungĀ tersebut juga ikut menambah kedisiplinan timnya dngan sesekali ikut membantu lini tengah dan berani berebut bola. Satu di antaranyaĀ membuat Wander Luiz kehilangan bola saat ia menyerobot dari belakang.

Taufik Hidayat masih kembali dipertahankan untuk babak kedua dan membuat lini belakang Persib bekerja ekstra mengawalnya. Namun, dia mengalami cedera dan harus ditarik keluar untuk digantikan oleh Marko Simic pada menit ke-60.

Secara umum, ia tampil mengesankan. Selamat, Taufik!

3 dari 3 halaman

Alternatif Baru

Pelatih Persija, Sudirman kini punya senjata baru. Lini depan Macan KemayoranĀ kini tak lagi tergantung pada Marko Simic.Ā Stiker asal Kroasia itu masih belum membuktikan ketajamannya kembali. Ia baru mengemas dua gol di turnamen ini.

Simic juga diberi kesempatan tampil kontra Persib pada paruh kedua. IaĀ memiliki waktu sekitar 30 menit, menggantikan Taufik Hidayat yang mengalami cedera. Namun, Simic masih belum memberikan kontribusi positif, meski punya beberapa peluang.

Sementara Taufik Hidayat bermain lebih efektif. Baik sebagai ujung tombak dalam mengancam pertahanan lawan, maupun menjadi pemantul bola untuk rekannya dalam memecah kebuntuan dari lini kedua.

Aksinya bisa kembali dimanfaatkan oleh pelatih Sudirman saat melakoni leg kedua di Solo akhir pekan nanti. Apalagi Persija hanya butuh skor imbang untuk memastikan gelar juara Piala Menpora 2021.

Video Populer

Foto Populer