Sukses


Duel Gelandang PSM Vs PSS di Piala Menpora: Peran Krusial Sutanto Tan Kontra Kim Kurniawan

Bola.com, Solo - PSM Makassar menghadapi PSS Sleman dalam duel perebutan tempat ketiga Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/4/2021) malam WIB. Duel ini menjadi panggung pembuktian dua gelandang tangguh dari masing-masing tim, Sutanto Tan dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Laju PSM Makassar di Piala Menpora 2021 terhenti di babak semifinal setelah disingkirkan Persija Jakarta melalui adu tendangan penalti dengan skor 3-4. Adapun PSS Sleman harus tersingkir karena menyerah dengan agregat 2-3 dari Persib Bandung.

Meskipun hanya bertajuk duel perebutan tempat ketiga, tapi pertandingan antara PSM melawan PSS diprediksi tetap menarik. Kedua tim tentu ingin menunjukkan penampilan terbaik demi menutup Piala Menpora dengan indah.

PSM masih akan mengandalkan skema permainan solid dari lini belakang, tengah, dan depan. Seperti diketahui, Juku Eja dikenal sebagai tim yang punya pertahanan tangguh di Piala Menpora.

Selain itu, PSM juga memiliki lini tengah yang aktif karena dihuni gelandang-gelandang berkualitas. Contohnya adalah Sutanto Tan yang sepanjang turnamen menjadi motor serangan PSM.

Adapun PSS diyakini bakal memainkan skema yang agresif. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu dikenal memiliki kualitas serangan yang menakutkan.

Hal ini tak bisa dipisahkan oleh kehadiran Kim Jeffrey Kurniawan sebagai pengatur tempo serangan di lini tengah tim berjulukan Elang Jawa itu. Selain itu, Kim Kurniawan juga merupakan gelandang yang menjadi penyeimbang antara lini belakang dan lini depan.

Lantas, bakal seperti apa pertarungan PSM Makassar melawan PSS Sleman? Pastinya kelangsungan duel ini bakal bergantung pada kreativitas Sutanto Tan dan Kim Kurniawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Peran Krusial

Tak bisa dimungkiri, Sutanto Tan punya peran penting di lini tengah PSM Makassar pada Piala Menpora 2021. Pemain berusia 26 tahun itu membuat lini tengah PSM memiliki variasi dalam serangan.

Sutanto Tan sejauh ini menjadi pilihan utama di lini tengah PSM pada Piala Menpora. Pelatih Syamsuddin Batola memainkan Sutanto Tan dalam semua pertandingan yang dimainkannya secara penuh.

Kepercayaan Syamsuddin Batola tentu bukan tanpa alasan. Sutanto Tan mampu menjadi penyalur serangan PSM dan juga disiplin dalam memotong pergerakan lawan di lini tengah.

Sementara itu, PSS memiliki Kim Kurniawan. Sejak didatangkan pelatih Dejan Antonic, posisi peran Kurniawan di lini tengah PSS tak tergantikan.

Pemain PS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan (tengah) menendang bola ke gawang Persib Bandung dalam laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Kim Kurniawan tampil penuh dalam tujuh pertandingan PSS di Piala Menpora. Dejan Antonic punya alasan khusus karena Kim Kurniawan mampu memberikan penampilan gemilang.

Kim Kurniawan adalah gelandang serang dengan daya jelajah yang tinggi. Pemain berusia 31 tahun itu juga mampu memberikan umpan-umpan matang yang diteruskan ke lini tengah.

Kim Kurniawan juga memiliki kelincahan. Postur tubuh mungil yang dimilikinya menjadi kelebihan untuk mengeluarkan aksi-aksi individu dalam mengecoh lawan.

Jadi, bisa dipastikan duel perebutan tempat ketiga Piala Menpora 2021 bakal berlangsung sengit. Menarik untuk menantikan peran krusial Sutanto Tan bersama PSM Makassar dan Kim Kurniawan bersama PSS Sleman.

Video Populer

Foto Populer