Sukses


Rapor PSM Saat Dikalahkan PSS di Perebutan Posisi 3 Piala Menpora 2021: Juku Eja Antiklimaks

Bola.com, Makassar - Tampil mengesankan sejak penyisihan grup sampai semifinal, permainan PSM Makassar justru mengalami antiklimaks saat menghadapi PSS Sleman pada perebutan posisi tiga Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/4/2021).

Tim asuhan Syamsuddin Batola takluk ditangan PSS Sleman dengan skor 1-2. Padahal Super Elja harus bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama setelah bek lawan, Fandri Embiri diganjar kartu merah oleh wasit Thoriq Alkatiri.

Permainan trengginas, disiplin dan determinasi tinggi ala PSM terkesan tak terlihat pada laga ini. Kualitas dan pengalaman pemain yang merata jadi kendala tersendiri buat pelatih Syamsuddin Batola. Terutama di lini belakang yang kehilangan bek kiri, Abdul Rachman akibat akumulasi kartu.

Kapten PSM, Zulkifli Syukur hanya duduk di bangku cadangan karena terkendala kebugaran. Dua pemain pengganti mereka yakni Ahmad Hari dan M. Fahri gagal memainkan peran seniornya itu.

Kedua pemain yang baru mendapatkan menit bermain sepanjang perhelatan Piala Menpora terkesan kikuk mengawal daerahnya. Nasib sial juga dialami penyerang sayap Juku Eja, Yance Sayuri yang juga melakoni debutnya di ajang ini.

Saudara kembar Yakob Sayuri itu terpaksa digotong keluar lapangan usai diterjang Fandri Embiri. Kalau tampil normal, PSM sejatinya berpeluang besar mengalahkan PSS di waktu normal.

Sebelum bermain dengan 10 pemain sejak pengujung babak pertama, pelatih PSS, Dejan Antonic juga memainkan mayoritas pemain berbeda dibanding laga sebelumnya di formasi starternya. Tercatat tujuh pilar reguler PSS harus absen karena cedera atau akumulasi kartu.

"Mental pemain terganggu usai PSS mendapat penalti yang menurut saya agak kontroversial. Kondisi ini berdampak pada penampilan tim secara keseluruhan," ujar Syamsuddin usai pertandingan di sesi jumpa media.

Syamsuddin boleh beralibi. Fakta sepanjang laga, skuad Juku Eja memang seperti sudah kehilangan penampilan terbaiknya. Berikut rapor pemain PSM pada perebutan posisi tiga Piala Menpora 2021 versi Bola.com:

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

Kiper

  • Hilman Syah

Sudah berusaha tampil optimal mengawal gawang PSM agar tak kebobolan. Berkali-kali ia mampu menggagalkan sejumlah peluang yang dimiliki PSS. Tapi, kiper asal Jeneponto akhirnya tak kuasa menghalau sepakan penalti Irfan Jaya dan sontekan Irkham Zahrul Milla sehingga skuad Juku Eja takluk 1-2 ditangan Super Elja.

Terlepas dari kekalahan dari PSS ini, Hilman tetap pantas masuk dalam daftar pemain terbaik Piala Menpora 2021 berkat aksi impresifnya bersama PSM sejak babak penyisihan grup. Berkat penampilan di ajang pra musim ini pula, Hilman layak mendapat panggilan tim nasional Indonesia.

  • Nilai:6,5
3 dari 6 halaman

Belakang

  • M. Fahri

M. Fahri menggantikan peran seniornya, Zulkifli Syukur yang terkendala kebugaran. Namun, bek kanan kelahiran 14 Oktober 2001 ini gagal tampil optimal pada laga debutnya di Piala Menpora. Meski tampil semangat, Fahri terlihat belum mampu melepaskan diri dari tekanan atmosfer pertandingan. Ia malah terlihat kikuk saat terjadi transisi permainan usai menyerang atau bertahan.

  • Nilai: 5

 

  • Erwin Gutawa

Erwin Gutawa tetap menunjukkan determinasi serta militansinya mengawal lini belakang PSM di laga ini. Tapi, itu tak cukup untuk membantu Juku Eja terhindar dari kekalahan 1-2 dari PSS. Pria asal Kabupaten Bone ini juga terlihat aktif membantu serangan timnya, terutama di paruh akhir babak kedua. Ia sempat mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan di pengujung laga, tapi bola sepakannya gagal menjebol gawang PSS.

  • Nilai:6

 

  • Hasim Kipuw

Hasim Kipuw sudah menunjukkan kematangan dan pengalamanya untuk menjadi kapten PSM pada laga ini. Ia juga tampil dingin menghalau serangan PSS serta sesekali meninggalkan posisinya sebagai bek tengah kala PSM melancarkan serangan. Pada momen ini, ia sempat mendapat satu peluang yang gagal berbuah gol. Namun, penampilan apik Hasim Kipuw ternoda usai dinilai wasit melakukan pelanggaran terhadap penyerang PSS, Irkham Zahrul Milla yang berbuah penalti buat lawan.

  • Nilai: 5,5

 

  • Ahmad Hari

Seperti M. Fahri, Ahmad Hari juga baru pertama kali menjadi starter PSM di Piala Menpora 2021. Bek kiri berusia 27 ini menggantikan peran Abdul Rachman yang absen karena akumulasi kartu kuning. Diawal laga, Ahmad Hari tampil cukup baik untuk meredam kecepatan Irfan Jaya yang kerap berkeliaran di daerahnya. Sayang, ia tak konsisten serta kerap melakukan pelanggaran tak perlu. Pelatih PSM, Syamsuddin pun menggantinya dengan Aji Kurniawan di babak kedua.

  • Nilai: 5
4 dari 6 halaman

Tengah

  • M. Arfan

M. Arfan termasuk pemain PSM yang tampil konsisten bersama PSM di Piala Menpora. Termasuk pada laga perebutan posisi tiga menghadapi PSS. Tugasnya sebagai gelandang jangkar mampu dilakoni Arfan dengan baik. Berkali-kali Arfan sukses melakukan intersep untuk memotong serangan PSS. Tapi, usaha Arfan ini tak cukup untuk mengangkat penampilan tim PSM yang terkesan mengalami antiklimaks.

  • Nilai: 6,5

 

  • Rasyid Bakri

Penampilan Rasyid Bakri sebagai dinamo permainan PSM tak sebaik enam laga yang telah dilakoninya bersama Juku Eja di Piala Menpora. Meski sudah berusaha tampil optimal, stamina dan fisik yang terkuras jadi kendala tersendiri buat Rasyid. Gelandang yang dijuluki 'Sang Pangeran' oleh suporter PSM ini, gagal mengimbangi pergerakan gelandang PSS yang lebih bugar dan bertenaga.

  • Nilai: 6

 

  • Sutanto Tan

Sutanto Tan mencetak gol buat PSM via tendangan bebas indah yang tak mampu dihalau kiper PSS, Miswar Saputra. Ia juga mampu memerankan tugasnya sebagai gelandang serang Juku Eja. Tapi, penampilan apiknya seakan tenggelam dengan penampilan tim PSM yang antiklimaks. Alhasil, Sutanto gagal mengakhiri kiprahnya bersama PSM di Piala Menpora dengan manis.

  • Nilai: 6,5
5 dari 6 halaman

Depan

Yance Sayuri

Yance Sayuri akhirnya mendapatkan menit bermain bersama PSM di Piala Menpora 2021. Tapi, saudara kembar Yakob Sayuri ini belum tampil optimal bersama Juku Eja. Sialnya lagi, Yance terpaksa ditarik keluar karena cedera usai diterjang bek PSS, Fandri Embiri. Perannya sebagai penyerang sayap akhirnya digantikan oleh M. Rivki.

  • Nilai: 5

 

  • Saldi Amiruddin

Saldi Amiruddin kembali dimainkan sebagai striker utama menggantikan Patrich Wanggai yang absen karena akumulasi kartu kuning. Namun, seperti pada laga sebelumnya, Saldi yang sejatinya adalah penyerang sayap tak bisa berbuat banyak di area pertahanan lawan. Kecepatan yang dimilikinya tak optimal karena minimnya suplai dari lini kedua. Sentuhan golnya juga tergerus karena kawalan bek PSS yang tampil disiplin.

  • Nilai: 5,5

 

  • Yakob Sayuri

Meski sudah berusaha keras untuk mengangkat penampilan tim dengan daya jelajah yang tinggi, Yakob Sayuri tak mampu melakoni perannya sebagai senjata utama PSM di laga ini. Pada laga ini, Yakob terlihat lebih banyak berlari baik ketika tim melakukan serangan atau turun membantu pertahanan. Tapi, ia praktis tak mendapat banyak peluang untuk mencetak gol ke gawang PSS.

  • Nilai: 6
6 dari 6 halaman

Cadangan

  • M. Rivki

Pemain akademi PSM ini masuk menggantikan peran Yance Sayuri yang cedera. Sayang, Rivki gagal tampil optimal pada laga debutnya bersama PSM di Piala Menpora. Pelatih PSM, Syamsuddin Batola pun menarik keluar Rivki

  • Nilai: 4,5

 

  • Rizki Eka Pratama

Pelatih PSM, Syamsuddin sengaja menyimpan Rizky Eka Pratama untuk dijadikan kartu truf di babak kedua. Namun, penyerang sayap yang pernah dipanggil menjalani pemusatan latihan tim nasional Indonesia gagal tampil optimal saat dimainkan pada babak kedua menggantikan Rivki

  • Nilai: 5,5

 

  • Aji Kurniawan

Aji Kurniawan tampil cukup baik pada laga ini meski tak bermain di posisi aslinya sebagai penyerang sayap. Aji masuk menggantikan peran Ahmad Hari, bek kiri yang ditarik keluar. Aji tampil baik meredam serangan PSS lewat sisi sayap. Ia pun aktif membantu serangan PSM.

  • Nilai: 6

 

  • Ronaldo Wanma

Pelatih PSM, Syamsuddin Batola memasukkan Ronaldo Wanma di paruh akhir babak kedua untuk menambah kekuatan serangan PSM. Namun, striker kelahiran Jayapura, 27 Januari 1998 ini tak mampu berbuat banyak di waktu minim yang didapatnya bersama PSM pada laga ini.

  • Nilai: 5,5

Video Populer

Foto Populer