Sukses


Kota Ini Juara! Persija Angkat Trofi Piala Menpora 2021 usai Menggerus Persib

Bola.com, Solo - Persija Jakarta keluar sebagai pemenang Piala Menpora 2021. Mereka menang 2-1 (aggregate 4-1) atas Persib Bandung dalam leg kedua babak final di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam.

Persib berusaha tancap gas melakukan serangan di menit-menit awal mengingat mereka tertinggal 0-2 di leg pertama. Tapi, justru Persija Jakarta yang tampil agresif dengan membukukan beberapa peluang penting.

Taufik Hidayat yang menjadi striker Persija sejak menit pertama mencatatkan peluang emas di menit ketiga. Dia menerima umpan tarik dari Riko Simanjuntak yang masih mampu dibendung oleh kiper Persib, I Made Wirawan.

Hanya empat menit berselang, Taufik kembali memberi ancaman kepada Maung Bandung. Dia melakukan dribble yang dibayangi oleh Achmad Jufriyanto. Lagi-lagi, masih gagal berbuah gol untuk Persija.

Macan Kemayoran justru lebih banyak membukukan peluang meski sudah unggul. Di sisi lain, Persib kesulitan menembus barisan pertahanan Persija yang disiplin. Jarak antarlini Persija juga sangat rapat.

Pada menit ke-20, giliran Riko yang hampir mencatatkan namanya di papan skor. Dia melakukan sundulan yang sayangnya masih melenceng dari gawang Persib.

Semenit berselang, petaka menghampiri Persib yang harus berlaga dengan 10 pemain saja. Bek kiri Bayu Fiqri menerima kartu kuning kedua dan diusir oleh wasit. Pertandingan berjalan semakin berat karena Persib kalah jumlah pemain.

Sampai turun minum, kedudukan sementara pertandingan ini tidak berubah dengan dihiasi skor kacamata alias 0-0. Persija Jakarta masih unggul 2-0 secara aggregate atas Persib Bandung.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Persib masih berusaha mencari celah pertahanan Persija. Di sisi lain, Persija memilih bermain menunggu dengan serangan balik. Marc Klok yang biasanya bermain sebagai gelandang tengah kini berada lebih ke belakang.

Persija justru mampu mencetak gol dulu di pertandingan ini memasuki menit ke-51. Riko Simanjuntak mengirim umpan akrobatik ke arah Osvaldo Haay yang berada di sisi kiri serangan. Osvaldo pun menyelesaikannya dengan tembakan yang gagal dibendung oleh I Made Wirawan.

Victor Igbonefo dkk. masih kesulitan menembus pertahanan Persija di waktu yang tersisa. Rapatnya barisan pertahanan lawan tidak mampu mereka lewati. Apalagi, mereka hanya bermain dengan 10 personel saja.

Persib akhirnya berhasil membalas gol lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-84. Tembakannya mulus masuk ke gawang Persija dan gagal diamankan oleh Andritany Ardhiyasa.

Situasi ini membuat Persib lebih percaya diri untuk melakukan serangan. Pada menit ke-88, giliran Dedi Kusnandar yang melakukan sepakan bebas. Namun, bola melambung tipis di atas mistar gawang Andritany.

Keasyikan menyerang, Persib justru harus kembali kebobolan. Persija mencetak gol di injury time lewat serangan balik cepat. Osvaldo Haay yang membawa bola mengirim umpan tarik yang mampu diselesaikan menjadi gol oleh Riko Simanjuntak.

Pertandingan leg kedua ini pun berakhir dengan skor 2-1 untuk Persija. Tim arahan Sudirman itu berhak mengangkat trofi juara Piala Menpora 2021 dengan kemenangan agregat 4-1 di partai final.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Achmad Jufriyanto, Bayu Fiqri, Henhen Herdiana, Victor Igbonefo (belakang); Beckham Putra, Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra (gelandang); Ezra Walian, Frets Butuan, Wander Luiz (depan)
  • Pelatih: Robert Rene Alberts
  • Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritandy Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Yann Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto (belakang); Braif Fatari, Rohit Chand, Marc Klok, Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak (gelandang); Taufik Hidayat (depan)
  • Pelatih: Sudirman

Video Populer

Foto Populer