Sukses


Piala Menpora 2021: Detik-Detik Momen yang Bikin Persib Terkapar dari Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta sukses mengangkat trofi Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung, Minggu (25/4/2021) malam WIB di Stadion Manahan, Surakarta.

Persija memenangi leg kedua final Piala Menpora 2021 dengan skor 2-1 (aggregate 4-1). Dua gol tim berjulukan Macan Kemayoran itu dilesakkan oleh Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak.

Persib yang menurunkan komposisi terbaiknya harus berjuang mengejar skor aggregate 0-2 sejak awal. Persija memanfaatkan itu dengan bermain sabar dan menerapkan strategi fast break saat pemain lawan terpancing untuk maju ke depan.

Persija lalu mampu mencetak gol dulu di pertandingan ini memasuki menit ke-51. Riko Simanjuntak mengirim umpan akrobatik ke arah Osvaldo Haay yang berada di sisi kiri serangan. Osvaldo pun menyelesaikannya dengan tembakan yang gagal dibendung oleh I Made Wirawan.

Persib akhirnya berhasil membalas gol lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-84. Tembakannya mulus masuk ke gawang Persija dan gagal diamankan oleh Andritany Ardhiyasa.

Keasyikan menyerang, Persib justru harus kembali kebobolan. Persija mencetak gol di injury time lewat serangan balik cepat. Osvaldo Haay yang membawa bola mengirim umpan tarik yang mampu diselesaikan menjadi gol oleh Riko Simanjuntak.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Kartu Merah Bayu Fiqri

Petaka pertama datang ketika wasit Agus Fauzan menghadiahi Bayu Fiqri dengan kartu kuning pada menit 22'. Apes buat Persib, itu merupakan kartu kuning kedua yang didapat bek tersebut pada laga tersebut sehingga harus menekuk wajahnya saat berjalan keluar lapangan.

Praktis sejak kartu merah itu, Persib bermain tanpa arah. Alih-alih memberikan tekanan guna mencetak gol, mereka malah cenderung main rapat di belakang garis tengah lapangan.

Persija dengan santuy memainkan bola di daerah pertahanan sendiri. Babak pertama usai, nyaris tak ada peluang berarti yang didapat Persib.

3 dari 4 halaman

Gol Osvaldo Haay

Momen berikutnya yang membuat Persib hancur lebur adalah gol Osvaldo Haay. Ezra Walian dkk. sebetulnya sudah menerapkan pola permainan yang relatif berbeda pada babak keda, namun sedang asyik meramu taktik, gol Osvaldo membuat semuanya jadi serbasulit.

Persib berhasil bangkit memasuki 15 menit akhir pertandingan. Terbukti, mereka bisa mencetak satu gol melalui tendangan bebas Ferdinand Sinaga. Tapi itu terlalu telat.

4 dari 4 halaman

Dipungkasi Riko Simanjuntak

Laga sudah selesai ketika Riko Simanjuntak berhasil merobek gawang I Made Wirawan. Usaha keras Persib untuk mengejar minimal dua gol lagi kandas sudah setelah eks Semen Padang itu membuyarkan segalanya.

Persib dihukum lagi oleh skema serang balik cepat Persija pada leg kedua final Piala Menpora 2021 ini. Mungkin, ini harus jadi evaluasi buat pelatih Robert Rene Alberts guna mengarungi Liga 1 2021 mendatang.

Video Populer

Foto Populer