Sukses


Individu Terbaik Piala Menpora Versi Bola.com: Peran Krusial Riko Simanjuntak, Kejutan Pratama Arhan dan Assanur Rijal

Bola.com, Jakarta - Piala Menpora 2021 telah rampung digelar dengan mempertandingkan laga leg kedua final di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam WIB. Persija Jakarta berhasil menjadi juara setelah menang 4-1 secara agregat atas Persib Bandung.

Setelah menang 2-0 pada leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021), lewat gol dua pemain muda, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, Persija kembali menang dengan skor 2-1 atas Persib Bandung pada leg kedua di Stadion Manahan.

Dua gol Persija Jakarta dalam laga leg kedua final Piala Menpora 2021 dicetak oleh Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak. Sementara satu gol Persib Bandung dicetak oleh Ferdinand Sinaga lewat tendangan bebas yang dilepaskannya.

Dalam seremoni penghargaan setelah pertandingan berakhir, tak hanya menyerahkan trofi juara kepada Persija, pengalungan medali kepada Persib Bandung, OC Piala Menpora 2021 juga memberikan penghargaan invidiual kepada mereka yang dianggap terbaik dalam turnamen pramusim ini.

OC Piala Menpora 2021 memberikan penghargaan top scorer kepada pemain Persiraja Banda Aceh, Assanur Rijal, pemain muda terbaik kepada Pratama Arhan, dan pemain terbaik kepada Marc Klok. Sebuah penghargaan individual yang memang pantas melihat kontribusi dari ketiga pemain terhadap timnya masing-masing.

Namun, Bola.com juga memilih tiga sosok terbaik di Piala Menpora 2021. Pemilihan pemain terbaik, pemain muda terbaik, dan top scorer Piala Menpora 2021 dipilih Bola.com dengan sejumlah pertimbangan. Berikut ulasannya:

Video

2 dari 4 halaman

Top Scorer: Assanur Rijal

Tentu tidak bisa dibantah bahwa Assanur Rijal memang menjadi top scorer atau pencetak gol terbanyak di Piala Menpora 2021. Empat gol yang ditorehkannya selama fase grup Piala Menpora 2021 sama sekali tak bisa dikejar oleh pemain-pemain lain, bahkan mereka yang sudah sampai di pertandingan final.

Assanur Rijal mencetak empat gol hanya dalam dua pertandingan di fase grup, yaitu tiga gol ke gawang Persita Tangerang dalam laga pertama Grup D Piala Menpora 2021, plus satu gol ke gawang Persib Bandung pada laga ketiga fase grup.

Tiga gol ke gawang Persita Tangerang menjadi torehan tersendiri bagi Assanur Rijal. Pasalnya, pemain asal Aceh itu menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak hattrick selama perhelatan Piala Menpora 2021 berlangsung.

Bahkan torehan empat gol yang dicetaknya di fase grup tidak bisa dikejar oleh para pemain dari tim-tim yang bahkan melaju sampai ke final. Sebagai contoh Frets Butuan dan Ezra Walian yang tercatat sudah mencetak tiga gol hingga fase semifinal. Keduanya tak berhasil mencetak gol dalam dua leg pertandingan final.

Bintang muda Persija Jakarta, Osvaldo Haay, yang mencetak dua gol hingga fase semifinal, hanya mampu menambah satu gol pada leg kedua final Piala Menpora 2021. Hal tersebut membuat torrehan gol Assanur Rijal benar-benar tidak terkejar hingga akhir dari turnamen pramusim ini.

3 dari 4 halaman

Pemain Muda Terbaik: Pratama Arhan

Pemain muda PSIS Semarang ini memang layak menjadi pemain muda terbaik di Piala Menpora 2021. Pemain berusia 19 tahun itu tampil dengan kontribusi yang sangat nyata untuk Laskar Mahesa Jenar sejak fase grup hingga timnya tersingkir di perempat final.

Dragan Djukanovic memberikan kepercayaan kepada Arhan untuk tampil mengawal sisi sayap pertahanan PSIS Semarang. Ia selalu tampil dalam empat pertandingan yang dijalani oleh PSIS selama Piala Menpora 2021.

Tidak hanya sekadar tampil dan mengawal sisi sayap pertahanan timnya, Pratama Arhan juga memberikan kontribusi nyata berupa dua gol dan satu assist.

Dua gol dicetak Pratama Arhan lewat eksekusi bola mati. Pemain muda ini dengan percaya diri menjebol gawang Persikabo 1973 lewat titik putih dalam laga kedua PSIS di Grup A, dan lewat tendangan bebas yang cantik ke gawang Arema FC pada laga terakhir Grup A.

4 dari 4 halaman

Pemain Terbaik: Riko Simanjuntak

Bicara mengenai pemain terbaik di Piala Menpora 2021, Bola.com memilih pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. Meski pada awal kompetisi kerap memulai permainan dari bangku cadangan, pemain asal Pematang Siantar ini memberikan kontribusi nyata dalam perjalanan Macan Kemayoran ke final.

Sepanjang turnamen pramusim ini digelar, Riko Simanjuntak tercatat mencetak 4 assist dan 1 gol untuk Persija Jakarta. Bahkan satu assist dan satu gol dicetaknya dalam pertandingan terakhir yang memastikan Persija sebagai juara Piala Menpora 2021.

Riko Simanjuntak dua kali memberikan assist untuk Osvaldo Haay, yaitu dalam kemenangan 2-1 atas Bhayangkara Solo FC di fase grup, dan dalam kemenangan 2-1 atas Persib Bandung pada leg kedua final Piala Menpora 2021.

Satu assist diberikannya untuk gol Marko Simic saat kemenangan 1-0 diraih Persija atas Barito Putera di perempat final. Sementara satu assist terakhir diberikannya ketika Taufik Hidayat mencetak gol kedua Persija ke gawang Persib dalam kemenangan 2-0 pada leg pertama final Piala Menpora 2021.

Sementara satu gol berhasil dicetak Riko Simanjuntak sebagai gol penutup perjalanan Persija menjuarai Piala Menpora 2021. Riko yang menerima umpan dari Osvaldo Haay menjebol gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan untuk membantu Persija unggul 2-1 pada leg kedua final Piala Menpora 2021.

Video Populer

Foto Populer