Sukses


Rapor Pemain Persija pada Leg 2 Final Piala Menpora: Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay Terbaik

Bola.com, Solo - Persija Jakarta sukses merengkuh trofi juara Piala Menpora 2021. Dalam final kedua yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021), Macan Kemayoran berhasil menaklukkan Persib Bandung dengan skor 2-1.

Gol Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak jadi penentu kemenangan Persija Jakarta. Sementara Persib sempat menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Ferdinand Sinaga.

Kemenangan ini menyempurnakan kiprah Persija di partai final Piala Menpora 2021. Dalam pertemuan pertama pertandingan final yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021), Persija menang dua gol tanpa balas.

Artinya, tim berjuluk Macan Kemayoran ini surplus tiga gol di partai puncak. Dari segi permainan, Persija juga mendominasi. Terlihat dari ball possession yang mencapai 63 persen.

Persija menguasai permainan setelah Persib harus bermain dengan 10 orang sejak menit 22. Bek sayap Bayu Fiqri menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Marco Motta.

Sejak itu pula Persija lebih banyak memainkan bola. Sementara Persib tak berani bermain menyerang. Mereka lebih hati-hati dan tidak lagi melakukan pressing ketat.

Baru babak kedua Persija melakukan serangan cepat dan membuat Osvado Haay menjebol gawang Persib pada menit 51. Setelah gol itu, permainan tak lagi sengit.

Persija memainkan bola di daerah sendiri. Sementara Persib tetap tak berani melakukan pressing. Baru jelang laga bubaran tim Maung Bandung berani menyerang.

Ferdinand Sinaga sempat menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas pada menit 84. Tapi, pada menit 90, Riko Simanjuntak kembali membuat Persija unggul setelah menerima umpan matang dari Osvaldo. Persija pun berpesta dengan kemenangan ini.

Secara umum, pemain Persija Jakarta punya rapor bagus dalam pertandingan leg kedua final itu. Berikut detail rapor pemain Persija di final kedua Piala Menpora 2021 versi Bola.com:

 

Video

2 dari 6 halaman

Kiper

Andritany Ardhiyasa

Kiper berusia 29 tahun ini gagal memperpanjang catatan clean sheet. Gawangnya dijebol Ferdinand Sinaga pada menit 84 lewat tendangan bebas yang cantik.

Sebenarnya, Andritany dia tak banyak bekerja di laga ini. Persib kurang memberikan tekanan setelah bermain dengan 10 orang. Hanya di pengujung laga Andritany agar kerepotan.

  • Nilai: 7

 

3 dari 6 halaman

Lini Pertahanan

Marco Motta

Bek asal Italia ini punya peran penting di final leg kedua. Motta membuat Persib harus bermain dengan 10 orang. Bek Persib, Bayu Fiqri, melanggar Motta pada menit 22 dan membuatnya dapat kartu kuning kedua.

Khususnya di babak pertama, mantan pemain Juventus ini cukup rajin membantu serangan. Tapi, pada babak kedua, dia jarang naik ke depan karena Persija banyak memainkan bola di daerah sendiri.

  • Nilai: 7,5

 

Yann Motta

Dia makin padu dengan rekan-rekannya di lini belakang Persija. Striker sekelas Wander Luiz bisa dijinakannya. Motta juga percaya diri memainkan bola di daerah sendiri. Sudah berbeda dengan laga awal Piala Menpora, di mana dia membuat beberapa blunder.

  • Nilai: 7

 

Otavio Dutra

Pengalaman yang dimilikinya membuat Dutra memberikan ketenangan di lini belakang Persija. Dia tidak panik menghadapi lini depan Persib yang punya beban harus mencetak banyak gol. Sama seperti Motta, Dutra juga percaya diri memainkan bola di daerah sendiri.

  • Nilai: 7

 

Tony Sucipto

Dalam laga ini, Tony kembali menempati posisi lamanya, bek sayap kiri. Meski tak muda lagi, dia masih bisa tampil apik.

Tentunya Tony tak lagi rajin naik ke depan membantu serangan. Dia tampil aman sesuai dengan kondisi fisiknya pada usia 35 tahun. Tony memilih main disiplin di area sendiri.

  • Nilai: 7

 

4 dari 6 halaman

Lini Tengah

Rohit Chand

Dia tak hanya jadi gelandang bertahan dalam laga ini. Umpan-umpan terukurnya berhasil diperlihatkan Rohit Chand. Satu di antaranya memberikan umpan matang kepada striker Taufik Hidayat di babak pertama. Sayang, umpan silangnya tak berujung gol. Tapi, kinerja Rohit tetap maksimal di laga ini.

  • Nilai: 7,5

 

Marc Klok

Meski selalu jadi pilihan utama, fisik Klok terlihat prima sampai final leg kedua. Dia kerap berduel sengit dengan gelandang Persib untuk mempertahankan bola. Tapi, senjata lewat tendangan bebas jitu tak bisa berbuah gol di laga ini.

  • Nilai 7,5

 

Braif Fatari

Meski masih 18 tahun, Braif bisa tampil percaya diri di final kedua Piala Menpora. Dia lumayan oke mengemban tugas sebagai gelandang serang. Sayang, Braif tak bisa menuntaskan pertandingan. Dia harus keluar setelah mengalami cedera di pengujung laga.

  • Nilai: 7

 

5 dari 6 halaman

Lini Serang

Riko Simanjuntak

Pemain mungil ini masih jadi momok pertahanan lawan. Dalam laga ini dia kembali mengacak-acak pertahanan Persib. Beberapa kali dia melepaskan umpan matang ke dalam kotak penalti.

Dia mencetak satu assist untuk gol pertama yang diciptakan Osvaldo Haay. Jelang bubaran, Riko yang mencetak gol setelah dapat umpan matang Osvaldo.

  • Nilai: 8,5

 

Taufik Hidayat

Kembali dipercaya tampil sebagai starter. Namun, Taufik membuang banyak peluang emas pada babak pertama. Dia seperti kurang tenang menyelesaikan peluang.

  • Nilai 6,5

 

Osvaldo Haay

Sama seperti Riko, dia merepotkan pertahanan Persib di sektor sayap. Satu gol dan satu assist jadi buktinya. Dia memperlihatkan kualitas sebagai pemain sayap yang tajam.

  • Nilai: 8,5

 

6 dari 6 halaman

Pemain Pengganti

Ramdhani Lestaluhu

Dia turun di pengujung babak kedua. Tak banyak yang bisa dilakukan Ramdhani di waktu yang singkat. Dia lebih banyak membantu pertahanan dan beberapa kali melakukan pelanggaran.

  • Nilai: 6

 

Nico Saputra

Penyerang muda ini masuk hanya beberapa menit jelang bubaran. Dia masuk hanya untuk strategi menghabiskan waktu pertandingan.

  • Nilai: 6

 

Salman Alfarid

Sama seperti Nico, bek muda ini masuk hanya untuk menghabiskan waktu. Tapi, itu lumayan memberikan kepercayaan diri baginya.

  • Nilai: 6

Video Populer

Foto Populer