Sukses


Piala Menpora Berakhir, Sampai Jumpa di Liga 1!

Bola.com, Solo -- Berakhir sudah turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 yang diikuti oleh 17 klub Liga 1. Persija Jakarta keluar sebagai juara setelah mengatasi perlawan Persib Bandung dengan keunggulan agregat gol 4-1 di partai puncak.

PSS Sleman duduk di posisi ketiga disusul PSM Makassar di peringkat keempat. Adapun beberapa penghargaan individu diberikan kepada pemain atas penampilan selama gelaran turnamen.

Secara umum, pemerintah melalui Menpora selaku pemilik turnamen, memberikan apresiasi yang besar atas terselenggaranya hajatan dengan predikat sukses. Pelaksanaan Piala Menpora yang dimulai sejak 21 Maret dan berakhir 25 April kemarin, berlangsung dengan aman dan lancar.

Terutama berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan sebagai pedoman persebaran wabah COVID-19. Mengingat turnamen ini digelar secara ketat di masa pandemi. Menpora, Zainudin Amali bersyukur atas suksesnya pelaksanaan pertandingan dari awal hingga akhir.

"Pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora sudah selesai, selama 35 hari kita mengawal, Alhamdulillah lancar aman, menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Hal yang menggembirakan buat kita semua. Karena kekhawatiran awal yang tidak mungkin terlaksana dengan lancar dan aman atau protokol kesehatan terlanggar," terangnya dalam Jumpa pers di Solo, Senin (26/4/2021).

"Sampai ditutupnya Piala Menpora diikuti penyerahan trofi, berjalan sesuai rencana. Tentunya kami mengapresiasi kepada pihak terkait di empat lokasi, begitu juga tenaga medis yang selalu bekerja menegakkan protokol kesehatan," tutur Menpora.

Video: Kalahkan Persib Bandung, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Menpora 2021

2 dari 3 halaman

Apresiasi

Zainudin Amali turut memuji proses berjalannya turnamen yang tanpa adanya bentuk pelanggaran. Para suporter dari 17 tim yang mematuhi aturan main dan imbauan dari pemerintah dan penyelenggara.

"Apresiasi juga untuk para pimpinan suporter, kepolisian, tenaga medis, kementerian kesehatan yang memberikan vaksin, hingga rekan-rekan media yang memberikan dukungan positif melalui berbagai pemberitaan".

"Secara keseluruhan pelaksanaan Piala Menpora berjalan dengan aman dan lancar. Sepakat dengan banyak yang mengatakan sukses. Ini ujian menuju kompetisi 2022-2022, baik Liga 1 maupun Liga 2 nanti," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Tercoreng Ulah Suporter

Meski demikian, kesuksesan turnamen Piala Menpora dari pembukaan hingga penutupan tercoreng dengan euforia suporter usai laga final. Pendukung Persija, The Jakmania berkonvoi di jalanan Ibu Kota merayakan pesta juara tim kesayangannya.

Sementara di Bandung, terjadi aksi bentuk protes dari para pendukungnya di jalanan dan kantor Persib. Kekecewaan dirasakan para Bobotoh (pendukung Persib) atas hasil kekalahan di partai final.

Adanya kerumunan masa dalam jumlah besar di dua wilayah tersebut sangat disayangkan. Mengingat sejak awal, seluruh elemen di luar pertandingan dilarang keras datang ke stadion, menggelar nonton bareng, atau membuat kerumunan dalam merayakan hasil.

"Mendapat kabar adanya euforia yang berlebihan dari para pendukung. Sikap yang sangat fanatis terlalu berlebihan. Berkumpul di jalan membawa bendera, begitu juga kemarahan dari pendukung Persib karena kekalahan timnya," beber Zainudin Amali.

"Untuk ini semua, kami berkali-kali imbauan supaya siapapun juaranya disikapi dengan syukur saja, tanpa perayaan atau pawai yang berlebihan, menjadi ranah pihak berwajib. Kami prihatin dengan kejadian itu," tegasnya.

Video Populer

Foto Populer