Sukses


5 Kiper dan Bek Terbaik Piala Menpora Versi Bola.com: Fenomena Hilman Syah dan Tony Sucipto

Bola.com, Jakarta - Piala Menpora 2021 telah tuntas. Persija Jakarta berhasil keluar sebagai sang juara setelah mengalahkan Persib Bandung dengan agregat 4-1 pada babak final.

Persija menang 2-0 pada leg pertama dan 2-1 pada pertemuan kedua untuk membawa pulang trofi Piala Menpora ke ibu kota.

Piala Menpora sukses mengobati kerinduan pemain terhadap atmosfer pertandingan. Begitu juga masyarakat yang sangat menikmati turnamen pramusim ini.

Begitu tuntas, Piala Menpora masih menarik untuk dibahas. Soal performa pemain, contohnya, siapa saja nama-nama yang bermain impresif sepanjang turnamen.

Bola.com mencoba merangkum lima pemain terbaik dari lini belakang yang mencakup kiper dan bek di Piala Menpora. Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Hilman Syah (Kiper)

Hilman Syah adalah kiper tersibuk di Piala Menpora. Penjaga gawang PSM Makassar itu mencatatkan 20 penyelamatan berdasarkan data Lapang Bola.

Hilman Syah juga tampil heroik pada perempat final dan semifinal dengan menggagalkan total enam tendangan penalti pada babak tos-tosan.

3 dari 6 halaman

Andritany Ardhiyasa (Kiper)

Piala Menpora menjadi panggung pembuktian Andritany Ardhiyasa. Kiper Persija Jakarta itu keluar sebagai kiper terbaik dalam best eleven Piala Menpora.

Dari delapan pertandingan Persija di Piala Menpora, Andritany hanya kebobolan empat kali. Penjaga gawang berusia 29 tahun itu juga membukukan lima clean sheet.

4 dari 6 halaman

Nick Kuipers (Bek)

Nick Kuipers bermain dalam enam dari delapan partai Persib Bandung di Piala Menpora. Bek asal Belanda itu tampil baik sepanjang turnamen.

Versi Lapang Bola, Kuipers menjadi pemain kedua dengan clearence terbanyak di Piala Menpora setelah bek PSS Sleman, Mario Maslac dengan total 41 clearances.

Pemain berusia 28 tahun itu juga menjadi pemain dengan area duel terbanyak ketiga dengan 15 aerial duels won. Kuipers hanya tertingal dari rekan setimnya, Victor Igbonefo dan bek Bali United, Willian Pacheco.

5 dari 6 halaman

Erwin Gutawa (Bek)

Erwin Gutawa bermain trengginas di lini belakang PSM Makassar. Pemain berusia 28 tahun itu mampu mematikan pergerakan sejumlah bomber haus gol di Piala Menpora, termasuk Marko Simic.

Erwin baru bergabung dengan PSM di Piala Menpora. Sebelumnya, mantan pemain Sriwijaya FC itu lebih banyak berkutat di kasta bawah Liga Indonesia.

Berdasarkan Lapang Bola, Erwin adalah pemain dengan tekel berhasil terbanyak di Piala Menpora dengan tujuh tekel. Jumlah itu sama dengan gelandang PSS Sleman, Kim Kurniawan.

6 dari 6 halaman

Tony Sucipto (Bek)

Mau diplot di posisi mana pun pada lini pertahanan, Tony Sucipto bisa bermain sama baiknya. Pemain berusia 35 tahun itu memainkan peran sentral dalam keberhasilan Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora.

Toncip, panggilannya, bermain tenang pada dua leg final Piala Menpora. Mantan pemain Timnas Indonesia ini berhasil bikin para pemain Persib Bandung, terutama Wander Luiz, frustrasi.

Ketika Persija kehilangan dua bek utamanya pada leg pertama melawan Persib, duet Toncip dan Maman Abdurrahman sempat diragukan. Namun, keduanya sukses menjawab keraguan dengan menjaga keperawanan gawang timnya.

Video Populer

Foto Populer