Sukses


Deretan Striker Belia yang Main Kinclong di Piala Menpora 2021: Panggung Lahirnya Calon Bintang Baru

Bola.com, Jakarta - Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 telah berakhir. Persija Jakarta keluar sebagai pemenangnya dari 17 tim peserta yang bersaing di ajang ini.

Perhelatan turnamen pramusim tersebut turut menyisakan beberapa catatan menarik, khususnya pencapaian para pemain. Tidak hanya pemain senior atau pemain asing yang berhasil membuktikan kualitasnya. 

Para pemain belia tak kalah garangnya. Mereka ikut unjuk gigi, mampu bersaing dengan para seniornya dan menunjukkan bisa punya masa depan cerah lewat Piala Menpora.

Lewat turnamen pramusim Piala Menpora, lahir beberapa striker muda asli Indonesia yang cukup menonjol. Bola.com memiliki daftar siapa saja striker belia yang tampil kinclong di Piala Menpora 2021

Berikut ulasan striker-striker muda yang tampil moncer pada perhelatan Piala Menpora 2021

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 5 halaman

1. Saddam Erminuddin Gaffar

Striker muda berusia 19 tahun milik PSS Sleman itu semakin ditempa bakat dan kualitasnya melalui Piala Menpora 2021. Dua gol berhasil ia kemas selama aksinya di turnamen ini, dan masuk kandidat pemain muda terbaik.

Perlahan ia mendapat kepercayaan dari pelatihnya Dejan Antonic, terutama ketika PSS belum menemukan seorang goal getter sepadan dengan Yevhen Bokhasvili yang hengkang.

Saddam sudah melakoni laga debutnya di ajang Piala Menpora, saat PSS mengalahkan Persebaya Surabaya di partai terakhir fase grup. Kemudian ia juga diturunkan ketika Elang Jawa menyingkirkan Bali United pada babak perempat final.

Babak semifinal menjadi momen pembuktiannya. Ia dua kali menjebol gawang Persib dalam dua pertemuan. Menariknya ia selalu membuka gol pertandingan, meski PSS harus tersingkir karena kalah agregat 2-3 dari Persib.

 

3 dari 5 halaman

2. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat menjadi rising star Persija, dengan tampil mengejutkan khususnya pada partai final kontra Persib Bandung. Di luar perkiraan sebelumnya, pelatih Sudirman memainkannya mengganti peran Marko Simic dalam laga yang sangat penting.

Pada final leg pertama, Taufik Hidayat mampu membayar kepercayaan pelatihnya dengan penampilan yang ciamik. Bahkan ia turut mencatatkan namanya di papan skor. Ia juga berperan atas gol pertama yang diciptakan Braif Fatari.

Kondisi itu membuat pelatih Persija, Sudirman punya senjata baru dalam strateginya. Permainan Persija menjadi tak lagi tergantung hanya pada Marko Simic.

Benar saja, Pemain berusia 21 tahun tersebut kembali diturunkan saat leg kedua final di Solo. Ia berhasil membuat lini belakang Persib kembali ekstra waspada menjaganya. Eks jebolan Persib itu nyaris bermain penuh sebelum digantikan Nico Saputro menjelang laga berakhir.

 

4 dari 5 halaman

3. Alif Jaelani

Striker muda berbakat milik Barito Putera, Alif Jaelani, menunjukkan penampilan impresif selama Piala Menpora 2021. Ia menjadi satu di antara pemain yang diandalkan oleh pelatih Djajang Nurdjaman.

Alif Jaelani merupakan pemain pendatang baru yang potensial di bawah arahan pelatih Djajang Nurdjaman. Bagaimana tidak, ia sudah menjalani debut di kompetisi sepak bola kasta tertinggi dalam usia 18 tahun.

Bahkan, ketika PS Barito Putera menghadapi Arema FC, Alif Jaelani berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-11. Pemain berusia 18 tahun itu juga memberi assist untuk gol kedua Beni Oktovianto, hingga Barito menang dengan skor 2-1.

 

5 dari 5 halaman

4. Farrel Arya Trisandika

Pemain PSIS berusia 18 tahun asal Semarang, 4. Farrel Arya Trisandika, ikut menebar pesonanya di ajang Piala Menpora 2021, terutama saat di fase penyisihan grup. Ia ikut membuat Anak asuh Dragan Djukanovic menang meyakinkan dengan skor 3-1 atas Persikabo di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021).

Hari itu sekaligus menjadi hari yang istimewa bagi pemain muda tim Mahesa Jenar, Farrel Arya Trisandika. Ia melakoni debut istimewa dalam laga tersebut. Selain mendapatkan kesempatan bermain sejak menit pertama, Farrel juga mencatatkan namanya di papan skor.

Farrel diplot menjadi striker yang ditopang oleh kehadiran Hari Nur Yulianto, Komarudin, dan Fandi Eko Utomo. Benar saja, Farrel langsung membuktikan diri dengan membawa timnya unggul pada menit ke-21.

Farrel yang mendapatkan umpan terobosan dari Fandi Eko Utomo berhasil menceploskan gol ke gawang Syahrul Fadillah dengan tembakan kaki kirinya. Tidak berhenti di situ, Farrel kembali berjasa dalam proses terjadinya gol kedua PSIS yang dicetak Fandi Eko Utomo, berkat assist darinya. 

Video Populer

Foto Populer