Sukses


Liga 1: Kesan Pemain Asing Madura United soal Sepak Bola Indonesia... Lari dan Terus Berlari

Bola.com, Bangkalan - Gelandang Madura United, Hugo Gomes dos Santos Silva alias Jaja, buka suara mengenai pengalamannya dalam merasakan sepak bola Indonesia. Menurut Jaja, sepak bola Indonesia lebih mengandalkan kecepatan dan berlari.

Penilaian itu diungkapkan Jaja setelah membela Madura United di Piala Menpora 2021. Pemain asal Brasil itu tampil sebanyak empat kali dan sukses mencetak satu assist.

Jaja menilai, terdapat perbedaan yang signifikan antara sepak bola Indonesia dan Brasil. Di negara asalnya, lebih mengandalkan teknik dan tidak banyak pemain yang mau menguasai bola dengan tempo lama.

"Sepak bola di Indonesia itu lebih mengandalkan kecepatan, suka lari, dan lari," kata Jaja.

"Kalau di Brasil itu lebih suka sering mengumpan, tidak lama-lama menguasai bola, lebih ke teknik. Hanya satu atau dua pemain yang lama menguasai bola," ucap Jaja.

Jaja tentu kaget dengan ciri khas sepak bola Indonesia. Hal itu terasa wajar karena Madura United merupakan klub Asia pertama yang dibela Jaja sepanjang kariernya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Mulai Betah

Terlepas dari perbedaan karakteristik dalam sepak bola antara Indonesia dan Brasil, namun Jaja mulai menikmasi masa-masa di Madura United. Menurut Jaja, dirinya merasa terhormat bermain sebagai pemain Madura United.

Hal itu terjadi karena meningkatnya popularitas yang diraih Jaja. Menurut Jaja, hal itu membuktikan atmosfer sepak bola Indonesia luar biasa.

"Saya senang di sini, banyak yang minta foto saat bertemu. Ini wujud penghargaan dan euforia sepak bola di Indonesia sangat luar biasa," ucap Jaja.

Video Populer

Foto Populer