Sukses


Saddil Ramdani dan 4 Pemain di Luar Negeri yang Tidak Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Dari 37 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, enam di antaranya bermain di luar negeri. Namun dari daftar itu, tidak terselip nama Saddil Ramdani.

Enam pemain yang berkiprah di luar negeri tersebut meliputi Elkan Baggott (Inggris), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Syahrian Abimanyu (Australia), Egy Maulana Vikri (Kroasia), dan Witan Sulaeman (Serbia).

Shin Tae-yong tidak memercayai Saddil Ramdani untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta pada bulan ini sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Tersisihnya nama Saddil Ramdani cukup mengejutkan. Pasalnya, winger berusia 22 tahun itu sedang naik daun dengan Sabah FC, klub Liga Super Malaysia.

Sejak melewatkan dua partai awal Liga Super Malaysia akibat karantina, Saddil Ramdani selalu bermain untuk Sabah FC tanpa sekalipun diganti. Mantan pemain Persela Lamongan itu tampil dalam 11 pertandingan.

Dari jumlah penampilannya itu, Saddil Ramdani berhasil merangkum tiga gol dan tiga assist untuk membawa Sabah FC menduduki peringkat ke-7 klasemen sementara Liga Super Malaysia.

"Mungkin menurut saya itu pilihan terbaik coach Shin Tae-yong untuk masa depan Timnas Indonesia. Jangan karena saya tidak dipilih lalu semua beranggapan yang aneh-aneh tentang Timnas Indonesia," kata Saddil Ramdani setelah tidak dilirik oleh Shin Tae-yong.

"Saya ini bukan siapa-siapa dan tidak usah ramai di media kalau saya tidak dipanggil. Kalau saya tidak dipanggil ya saya harus sabar dan harus kerja keras lagi."

"Bukan berarti saya harus masuk terus ke Timnas Indonesia karena banyak pemain muda bertalenta yang berhak masuk ke Timnas Indonesia," imbuh eks winger Bhayangkara Solo FC ini.

Selain Saddil Ramdani, sejumlah pemain juga tidak dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Berikut empat di antaranya.

2 dari 6 halaman

Brylian Aldama

Ketika rekan seangkatannya mulai mendapatkan promosi ke Timnas Indonesia senior, kesempatan itu tidak datang bagi Brylian Aldama. Gelandang berusia 19 tahun itu belum dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk naik kasta.

Saat ini, Brylian Aldama baru membangun kariernya di Eropa dengan membela klub Kroasia, HNK Rijeka. Kesibukannya bersama klub barunya itu diyakini menjadi pertimbangan Shin Tae-yong tidak melibatkannya ke Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Kelana Mahessa

Shin Tae-yong sempat beberapa kali mengetes kualitas Kelana Mahessa sewaktu masih aktif di Timnas Indonesia U-19. Namun, kemampuannya dirasa belum pantas untuk menghuni timnas senior.

Karena itu, Kelana Mahessa tidak dipanggil ke Timnas Indonesia. Saat ini, gelandang berusia 20 tahun tersebut bermain untuk klub kasta keempat Liga Jerman, Bonner SC.

4 dari 6 halaman

Natanael Siringoringo

Natanael Siringoringo masih masuk ke daftar skuad Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 pada Desember tahun lalu. Namun, namanya menghilang pada pemusatan latihan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Natanael Siringoringo adalah gelandang berusia 21 tahun yang membela Kelantan FC. Mantan pemain Sulut United ini bergabung dengan klub kasta kedua Liga Malaysia itu pada musim ini dan tampil moncer di sana.

5 dari 6 halaman

Bagus Kahfi

Belum ada panggilan dari Shin Tae-yong untuk Bagus Kahfi. Padahal, bomber Utrecht U-18 itu telah dinyatakan pulih dari cedera sejak Oktober 2020.

Shin Tae-yong diprediksi tidak mau gegabah dengan kondisi Bagus Kahfi. Pasalnya, pemain yang tajam bersama Timnas Indonesia U-16 dan U-19 itu belum pernah bermain sejak sembuh dari cedera.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer