Sukses


Bertempur di Piala AFC, Jacksen F Tiago: Lawan Lebih Matang, Persipura Cuma Underdog

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menyebut tiga lawan di Piala AFC punya keuntungan tersendiri karena sudah bermain secara kompetitif. Oleh karenanya, ia melabeli timnya sebagai underdog.

Persipura Jayapura tergabung di Grup H Piala AFC 2021. Boaz Solossa dkk. akan bersaing dengan Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam).

Persaingan bakal berlangsung sengit mengingat calon lawan yang dihadapi Persipura merupakan klub-klub tangguh. Kedah Darul Aman merupakan runner-up Liga Super Malaysia.

Sementara itu, Saigon FC adalah peringkat ketiga V-League Vietnam, dan Lion City Sailors merupakan peringkat ketiga Liga Primer Singapura musim lalu.

"Kalau saya sebenarnya melihat tiga tim lawan Persipura Jayapura ada di atas kita. Justru saat ini kita adalah underdog. Mereka punya persiapan lebih matang karena sudah ikut kompetisi," kata Jacksen.

"Kedah misalnya sudah main di Liga Malaysia, Lion City juga sama, Saigon malah akan berakhir kompetisinya, sementara Persipura Jayapura sudah satu tahun lebih tidak ada kompetisi," ujarnya lagi.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Kekuatan Kedah

Persipura Jayapura saat ini masih berada di Batu, Malang, dalam rangka pemusatan latihan. Sudah sekitar dua minggu Boaz Solossa dkk. kedatangan pelatih fisik, namun Jacksen ingin melihat lagi perubahan dari segi stamina.

"Progres berjalan, karena kita baru dua minggu dengan pelatih fisik, kalau stamina ada sedikit perubahan, tapi terlalu dini untuk menilai. Masih ada banyak ruang untuk berkembang," kata Jacksen.

Kedah Darul Aman, satu di antara lawan Persipura, menjadi tim yang paling disoroti Jacksen. Menurutnya, mereka adalah klub terkuat Malaysia setelah Johor Darul Ta'zim.

"Setiap tahun Kedah selalu berjuang meraih trofi. Mereka adalah salah satu tim terkuat. Musim lalu mereka juara Piala Malaysia. Mungkin setelah JDT, tim terkuat Malaysia adalah Kedah," ujar Jacksen menambahkan.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer