Sukses


Kilas Balik Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Shin Tae-yong Dihantui Rekor Buruk

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia babak belur di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dari lima pertandingan, tim berjulukan Skuad Garuda itu selalu menelan kekalahan.

Akibatnya, Timnas Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda menempati buncit dengan nihil poin.

Selain itu, akibat lima kekalahan tersebut, Timnas Indonesia juga telah dipastikan tersingkir di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga partai di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda akan menghadapi Thailand pada 3 Juni 2021, disusul Vietnam pada 7 Juni 2021, dan terakhir Uni Emirat Arab (UEA) pada 11 Juni 2021.

PSSI menargetkan Timnas Indonesia untuk memenangkan tiga partai tersebut. Namun, pelatih Shin Tae-yong tidak bisa menjanjikan Skuad Garuda akan menyapu bersih sisa pertandingan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Hancur Lebur

Timnas Indonesia mengawali Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan menjamu Malaysia pada 5 September 2021 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Skuad Garuda takluk 2-3 dari musuh bebuyutannya itu.

Kekalahan Timnas Indonesia itu juga diwarnai oleh ulah suporter tuan rumah yang menyerang pendukung Malaysia.

Lima hari berselang, Timnas Indonesia kembali dipermalukan di SUGBK, kali ini dengan skor telak 0-3 dari Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia pada saat itu, Simon McMenemy dalam tekanan besar dan nada-nada sumbang yang memintanya untuk mundur mulai terdengar.

Performa Timnas Indonesia belum kunjung membaik setelah dua kekalahan pertama. Penampilan Skuad Garuda justru semakin parah. Evan Dimas dkk dibantai Uni Emirat Arab (UEA) 0-5 di kandang lawan pada 10 Oktober 2020.

Timnas Indonesia berkesempatan untuk mendulang poin pertama saat menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, lima hari berselang. Skuad Garuda semakin menjadi bulan-bulanan lawan setelah dibungkam 1-3.

3 dari 5 halaman

Simon McMenemy Dipecat

PSSI lewat ketua barunya kala itu, Mochamad Iriawan yang terpilih sebagai pengganti Edy Rahmayadi, memecat Simon McMenemy dari kursi pelatih Timnas Indonesia.

Saat menantang Malaysia pada 19 November 2020, Timnas Indonesia ditangani oleh asisten Simon, Yeyen Tumena.

Performa Timnas Indonesia di tangan Yeyen tidak jauh berbeda ketika masih dilatih Simon. Skuad Garuda kembali kalah dari Malaysia kali ini dengan skor 0-2.

Kekalahan Timnas Indonesia itu kembali diiringi oleh kerusuhan antarsuporter di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

4 dari 5 halaman

Era Baru Shin Tae-yong

Pada Desember 2020, PSSI menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia yang baru. Arsitek asal Korea Selatan itu diberikan kepercayaan untuk menjabat posisi manajer pelatih.

Shin Tae-yong akan melatih tiga level timnas sekaligus, Timnas Indonesia senior, U-22, dan U-19.

Setelah memimpin berbagai pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 dan U-22, fokus Shin Tae-yong mulai terpusat di Timnas Indonesia yang akan melanjutkan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebagai persiapan, Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan di Jakarta pada awal Mei 2021 dilanjutkan dengan persiapan lebih dini di Dubai sejak awal pekan ini.

Sebelum berkancah di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia akan melahap rangkaian uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei 2021 dan Oman empat hari berselang di Dubai.

Shin Tae-yong tidak berani menjanjikan kemenangan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, namun berusaha memperbaiki kelemahan Skuad Garuda.

"Jujur, memang saya tidak bisa memastikan menang di sisa tiga pertandingan itu. Saat ini, kondisi fisik para pemain sangat menurun saat bulan puasa," kata Shin Tae-yong.

"Jadi bagi saya, untuk meningkatkan fisik dan mental para pemain itu susah sekali. Memang sebaiknya kami menang, tapi yang lebih penting bisa menunjukkan harapan yang cerah untuk sepak bola Indonesia," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

25 Mei 2021

  • Uji Coba
  • Timnas Indonesia Vs Afghanistan

29 Mei 2021

  • Uji Coba
  • Timnas Indonesia Vs Oman

3 Juni 2021

  • Kualifikasi Piala Dunia 2022
  • Thailand Vs Timnas Indonesia

7 Juni 2021

  • Kualifikasi Piala Dunia 2022
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia

11 Juni 2021

  • Kualifikasi Piala Dunia 2022
  • Timnas Indonesia Vs Uni Emirat Arab

Video Populer

Foto Populer