Sukses


5 Aturan Tegas Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Dilarang Santap Gorengan hingga Pantang Telat Latihan

Bola.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang disiplin. Pelatih asal Korea Selatan itu punya sederet aturan tegas yang wajib diikuti para pemain di Timnas Indonesia.

Sebagai mantan pemain sepak bola, Shin Tae-yong tentu sudah mengetahui apa yang baik dan buruk buat para pemain. Sederet aturan kemudian dibuat yang harus dipatuhi pemain selama mengikuti pemusatan latihan atau jelang pertandingan.

Apalagi pemain Indonesia dikenal lemah dalam hal disiplin. Namun, belakangan kondisi itu mulai berubah seiring kehadiran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Meski sudah diberikan aturan yang tegas, tetap saja ada pemain yang berani melanggarnya. Shin Tae-yong tak segan memberi sanksi agar menjadi pelajaran buat pemain lainnya.

Sanksi berupa denda uang hingga pencoretan diberikan kepada pemain yang melanggar aturan tersebut. Namun, hal itu semua dilakukan Shin Tae-yong agar para pemainnya bisa memiliki pola hidup disiplin hingga akhirnya meraih kesuksesan.

Lantas, apa saja aturan-aturan tegas yang dibuat Shin Tae-yong di Timnas Indonesia? Berikut ini lima aturan yang wajib diikuti para pemain di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Dilarang Makan Gorengan

Gorengan merupakan jenis camilan yang digemari masyarakat Indonesia. Meskipun bukan panganan yang sehat, namun gorengan menjadi favorit masyarakat berbagai lapisan.

Tak terkecuali dengan para pesepak bola. Namun, gorengan menjadi sesuatu yang harus dihindari para pemain selama membela Timnas Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong sangat mengecam pemain yang mengonsumsi gorengan. Jika nekat mengonsumsi, maka siap-siap bakal datang sanksi.

3 dari 6 halaman

2. Pantang Telat Latihan

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang disiplin. Hal itu turut dibawa ketika menukangi Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong tak akan menoleransi jika ada pemain yang datang telat dalam sesi latihan. Jika hal itu dilakukan, maka siap-siap akan diberi sanksi tegas mulai duduk di bangku cadangan hingga dicoret.

Para pemain harus berada di lapangan sebelum Shin Tae-yong datang. Maka dari itu, para pemain harus berburu dengan waktu datang ke lapangan.

4 dari 6 halaman

3. Pembatasan Media Sosial

Pelatih Shin Tae-yong dikenal sebagai sosok yang tak terlalu aktif di media sosial. Namun, Shin Tae-yong menyarankan agar para pemainnya untuk sementara waktu menjauhi aktivitas di dunia maya.

Hal itu dilakukan agara sang pemain untuk fokus berlatih dan bertanding. Penggunaan media sosial selama mengikuti pemusatan latihan atau jelang pertandingan sangat dilarang bahkan bisa mendapatkan sanksi.

"Pesan kepada para pemain untuk tidak bermedia sosial saat menghadapi pertandingan," ucap Shin Tae-yong

5 dari 6 halaman

4. Pemberlakuan Jam Malam

Shin Tae-yong memberlakukan jam malam untuk skuad Timnas Indonesia. Para pemain paling telat sudah berada di kamar masing-masing pada pukul 22.00.

Aturan ini tentu sangat bermanfaat agar para pemain tidak keluar malam. Sehingga bisa mendapatkan kondisi fisik dan bugar saat berlatih dan bermain.

"Shin Tae-yong sangat disiplin. Kami dilarang keluar hotel. Kalau mau keluar, harus izin dan diberikan waktu juga," ujar Asnawi Mangkualam.

6 dari 6 halaman

5. Wajib Timbang Badan

Shin Tae-yong membuat aturan tegas terkait timbang badan. Para pemain akan ditimbang sebelum dan sesudah latihan.

Hal ini untuk mengukur berapa kalori yang terbuang selama latihan. Selain itu, berat badan para pemain juga sangat dijaga agar mampu tampil maksimal di lapangan.

Jika melewatkan sesi timbang badan, siap-siap sanksi bakal datang. Pencoretan menjadi sanksi yang paling tegas pernah diberikan Shin Tae-yong terhadap pemain yang tak timbang badan.

Video Populer

Foto Populer