Sukses


Daftar Pasukan Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia Menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga tersisa di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, plus dua laga uji coba yang digelar sebelumnya. Ada 28 pemain yang digenjot pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, untuk bisa mendapatkan kebugaran dan kondisi fisik yang optimal saat bertanding.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada 3 Juni, yang berlanjut dengan menghadapi Vietnam pada 7 Juni, dan diakhiri dengan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2011. Meski jadwal tiga pertandingan tersebut masih cukup lama, Tim Garuda sudah berada di Dubai untuk melakukan penyesuaian dan adaptasi.

Selain menyesuaikan diri dengan suhu udara, cuaca, dan lingkungan di Dubai, Timnas Indonesia juga bakal melakoni dua pertandingan uji coba. Afghanistan akan menjadi lawan pertama Tim Garuda pada Rabu (25/5/2021) dan Oman pada Sabtu (29/5/2021).

Timnas Indonesia yang terbang dari Jakarta membawa 23 pemain, sementara lima pemain lain bergabung di Dubai. Lima pemain yang bergabung belakangan adalah mereka yang berkarier di luar negeri, yaitu Ryuji Utomo, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam Bahar, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott.

Satu-satunya pemain yang bermain di luar negeri sudah bergabung di Jakarta adalah Syahrian Abimanyu. Sejauh ini, hanya tinggal Elkan Baggott yang dinantikan oleh Timnas Indonesia di Dubai.

Bagaimana komposisi pemain dan kualitas skuad Timnas Indonesia yang dibawa Shin Tae-yong ke Dubai? Berikut ulasannya:

Video

2 dari 6 halaman

Para Pelindung Gawang

Shin Tae-yong membawa tiga penjaga gawang muda masuk dalam skuad Timnas Indonesia kali ini. Nadeo Argawinata, Muhammad Adi Satryo, dan Aqil Savik menjadi pilihan pelatih asal Korea itu untuk dibawa ke Dubai.

Keputusan ini cukup mengejutkan karena Shin Tae-yong tidak memboyong kiper-kiper berpengalaman yang biasa menjadi langganan Timnas Indonesia, seperti Andritany Ardhiyasa, Awan Setho, maupun Made Wirawan.

Ketiga kiper muda ini sudah biasa memperkuat Timnas Indonesia, tapi dalam kelompok umur. Nadeo Argawinata cemerlang bersama Timnas Indonesia U-22, sementara Adi Satryo dan Aqil Savik sudah berpengalaman di Timnas U-16 dan U-19.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang terpusat di Uni Emirat Arab itu akan menjadi ujian dan latihan mental bagi tiga kiper muda yang akan menjadi masa depan Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Palang Pintu Pertahanan

Shin Tae-yong membawa cukup banyak pemain bertahan Timnas Indonesia ke Dubai. Tercatat ada 11 pemain berposisi sebagai bek, baik bek tengah maupun bek sayap. Rataan usia pemain-pemain yang menjadi palang pintu pertahanan Tim Garuda ini terbilang cukup muda.

Andy Setyo dan Ryuji Utomo tercatat menjadi pemain paling senior di deretan pemain bertahan kali ini. Dua pemain tersebut bisa menjadi andalan di pusat pertahanan Tim Garuda.

Selain keduanya, Shin Tae-yong punya Rachmat Irianto, Rizki Ridho, Nurhidayat Haji Haris, dan Elkan Baggott sebagai opsi untuk di pusat pertahanan tim. Sementara di sisi sayap pertahanan ada Firza Andika, Pratama Arhan, Rifad Marasabessy, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Koko Ari.

Timnas Indonesia - Rachmat Irianto, Ryuji Utomo, Elkan Baggot (Bola.com/Adreanus Titus)

Tentu Shin Tae-yong akan mengandalkan Ryuji Utomo dan Andy Setyo untuk menjadi komandan di lini belakang sebagai pemain yang sudah cukup berpengalaman bermain di Timnas Indonesia.

Postur keduanya, termasuk Elkan Bagott dan Rachmat Irianto, bisa diandalkan untuk menghalau ancaman dari tim-tim lawan yang bakal dihadapi oleh Timnas Indonesia.

Sementara pemain-pemain berkaki cepat, seperti Pratama Arhan, yang merupakan pemain muda terbaik Piala Menpora 2021, dan Asnawi Mangkualam, bisa menjadi andalan di sisi sayap pertahanan sekaligus membantu penyerangan.

4 dari 6 halaman

Penguasa Lapangan Tengah

Untuk mengisi lini tengah Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membawa tujuh pemain, mulai dari yang berpengalaman di Tim Garuda, seperti Evan Dimas, hingga pemain yang bakal menjadi debutan, seperti Genta Alfaredo dan Ady Setiawan. Sementara nama-nama lain adalah Adam Alis, Kadek Agung, Syahrian Abimanyu, dan Witan Sulaeman.

Melihat komposisi di lini tengah Tim Garuda, seperti halnya di lini-lini sebelumnya, Shin Tae-yong mempercayakan mayoritas pemain muda. Adam Alis dan Evan Dimas adalah kategori yang lebih senior dari pemain lain di lini tengah.

Namun, jangan remehkan kemampuan pemain muda seperti Witan Sulaeman, Kadek Agung, dan Syahrian Abimanyu, yang sudah lebih dulu memiliki pengalaman dengan tim nasional kelompok usia, mulai dari U-16 hingga U-22.

Boleh dibilang, laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini akan menjadi ajang bagi Shin Tae-yong untuk meregenerasi lini tengah Timnas Indonesia untuk memiliki pemain-pemain yang lebih muda untuk diandalkan pada masa-masa yang akan datang.

5 dari 6 halaman

Juru Gedor Pertahanan Lawan

Untuk menggedor pertahanan lawan, Shin Tae-yong memadukan sejumlah pemain berkualitas di lini depan berdasarkan pengamatannya selama ini. Sejumlah pemain yang tampil bagus di Piala Menpora diboyong oleh Shin Tae-yong dalam Timnas Indonesia ini.

Sebut saja Yakob Sayuri, Osvaldo Haay, Sadam Emiruddin, dan Braif Fatari. Keempat pemain tersebut boleh dibilang memang tampil sangat baik bersama klubnya masing-masing ketika berlaga di Piala Menpora 2021.

Selain empat pemain tersebut ada dua striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo dan Muhammad Rafli. Keduanya diyakini menjadi pilihan Shin Tae-yong karena penampilan apik dalam pemusatan latihan sebelumnya, yang mana Tim Garuda kemudian menjalani dua laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United.

Saat itu, Rafli dan Yudo memang tampil cukup baik bersama Timnas Indonesia. Walaupun di Piala Menpora keduanya tidak terlihat karena penampilan buruk Arema FC yang tersingkir di fase grup, Shin Tae-yong sepertinya punya memori baik mengenai kualitas kedua pemain tersebut.

Satu pemain lain di lini depan yang dibawa oleh Shin Tae-yong adalah pemain yang kini berseragam Lechia Gdansk di Polandia, Egy Maulana Vikri. Pemain yang dibesarkan oleh Indra Sjafri saat masih memperkuat Timnas Indonesia U-19 itu memang menjadi pemain yang kerap diandalkan saat Tim Garuda menjalani pertandingan internasional.

Berbekal pengalamannya selama ini berlatih dan bertanding di Eropa, Egy Maulana Vikri diharapkan bisa menjadi pembeda dalam skuat Garuda untuk bisa menghancurkan pertahanan lawan di Uni Emirat Arab.

6 dari 6 halaman

Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kiper:

  • Nadeo Argawinata, Bali United
  • M. Adi Satryo, PSS Sleman
  • Aqil Savik, Persib Bandung

Bek:

  • Andy Setyo, Tira Persikabo
  • Rachmat Irianto, Persebaya Surabaya
  • Rizki Ridho, Persebaya Surabaya
  • Ryuji Utomo, Penang FC
  • Nurhidayat Haji Haris, PSM Makassar
  • Elkan Baggott, Kings Lynn Town
  • Firza Andika, Tira Persikabo
  • Pratama Arhan, PSIS Semarang
  • Rifad Marasabessy, Borneo FC
  • Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
  • Koko Ari, Persebaya Surabaya

Gelandang:

  • Evan Dimas, Bhayangkara Solo FC
  • Ady Setiawan, Persebaya Suraba
  • Kadek Agung, Bali United
  • Syahrian Abimanyu, Newcastle Jets
  • Genta Alfaredo, Semen Padang
  • Witan Sulaeman, FC Radnik Surdulica
  • Adam Alis, Bhayangkara Solo FC

Penyerang:

  • Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk
  • Yakob Sayuri, PSM Makassar
  • Osvaldo Haay, Persija Jakarta
  • Kushedya Hari Yudo, Arema FC
  • Muhammad Rafli, Arema FC
  • Saddam Emiruddin, PSS Sleman
  • Braif Fatari, Persija Jakarta

Video Populer

Foto Populer